FilmEntertainment

7 Film Indonesia dengan Ending Paling Plot Twist!

Steven Junior
×

7 Film Indonesia dengan Ending Paling Plot Twist!

Share this article
Pencuri Raden Saleh

Banyuwangi, Vallet.id – Dunia perfilman Indonesia semakin berkembang dan melahirkan karya-karya yang memukau. Salah satu elemen yang membuat film menjadi menarik dan tak terlupakan adalah adanya plot twist, atau perubahan tak terduga dalam jalan cerita. Plot twist yang dituangkan dengan cerdas dapat membuat penonton terkejut, terharu, atau bahkan tertawa terbahak-bahak.

Artikel ini akan membahas 7 film Indonesia yang menyuguhkan plot twist yang menggejutkan. Pemilihan film berdasarkan pengaruh plot twist terhadap jalan cerita dan reaksi penonton. Beberapa film mungkin belum dirilis secara luas ketika artikel ini dibuat.

1. Pencuri Raden Saleh (2022)

Pencuri Raden Saleh

Film Pencuri Raden Saleh mengisahkan sekelompok anak muda berbakat yang berencana mencuri lukisan berharga karya Raden Saleh berjudul “Penangkapan Pangeran Diponegoro”. Para pelaku yang masing-masing memiliki keahlian khusus berusaha menyusun strategi untuk mengelabui sistem keamanan museum yang sangat ketat.

Sepanjang film, penonton diajak untuk mengikuti perencanaan dan eksekusi pencurian yang dilakukan dengan cermat. Namun, plot twist datang di akhir film. Ternyata, lukisan yang dicuri tersebut adalah lukisan palsu.

Para pencuri muda ini bekerja sama dengan seorang kolektor seni untuk menukar lukisan asli dengan lukisan palsu tersebut. Plot twist ini membuat penonton terkejut dan menambah kompleksitas cerita.

2. A Copy of My Mind (2015)

A Copy of My Mind

A Copy of My Mind berkisah tentang Sari, seorang wanita yang bekerja sebagai penyewa DVD. Suatu hari, ia bertemu dengan Alek, seorang pria misterius yang sedang mencari film langka. Pertemuan ini menjalin hubungan pertemanan yang unik antara keduanya.

Baca juga:
21 Wallpaper Spongebob Squarepants Keren untuk Wallpaper HP-mu!

Film ini bergenre drama romantis dan selama perjalanan cerita, penonton diajak untuk menebak misteri tentang Alek.

Plot twist muncul di akhir film ketika diungkapkan bahwa Alek adalah sebuah program komputer yang diciptakan oleh seorang ilmuwan untuk menemani Sari. Pengungkapan ini membuat penonton terharu dan merenungkan tentang arti cinta dan hubungan antar manusia.

Baca juga: One Piece: Inikah Kelemahan Terbesar dari Para Gorosei?

3. The Raid (2011)

The Raid

The Raid adalah film laga Indonesia yang berkisah tentang sekelompok pasukan elite kepolisian yang melakukan penggerebekan di sebuah gedung apartemen yang dikuasai oleh sekelompok gangster kejam. Film ini penuh dengan adegan aksi yang menegangkan dan brutal.

Plot twist dalam film ini muncul di akhir cerita. Rama, karakter utama yang merupakan anggota pasukan elite tersebut, ternyata ditugaskan untuk mencari informan polisi yang disusupi ke dalam organisasi gangster tersebut. Pengungkapan ini membuat ending film menjadi lebih kompleks dan menarik.

4. Lentera Merah (2006)

Lentera Merah

Lentera Merah adalah film drama thriller yang menceritakan kisah dua orang sahabat, Anton dan Netta, yang terjebak dalam situasi rumit dan penuh rahasia.

Anton adalah seorang pianis berbakat yang mengalami depresi dan Netta adalah seorang pelacur yang berusaha membantu Anton.

Plot twist dalam film ini muncul di akhir cerita. Terungkap bahwa Anton dan Netta memiliki hubungan masa lalu yang kelam, dan Anton sebenarnya adalah dalang di balik semua kejadian yang menimpa Netta. Pengungkapan ini membuat penonton terkejut dan mengubah persepsi mereka terhadap karakter-karakter dalam film.

5. Modus Anomali (2012)

Modus Anomali

Modus Anomali adalah film thriller yang menceritakan kisah sekelompok orang yang terjebak dalam lift yang berhenti di lantai yang tidak dikenal. Mereka mulai saling curiga dan berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Baca juga:
6 Rahasia Avatar: The Last Airbender yang Terungkap di Komik

Plot twist dalam film ini muncul beberapa kali, dan setiap twist membuat penonton semakin penasaran dan tegang. Salah satu twist yang paling mengejutkan adalah ketika terungkap bahwa salah satu orang di dalam lift tersebut adalah pembunuh berantai.

Baca juga: Pendekar Pedang Legendaris: 10 Master Kenjutsu Terkuat di Dunia Naruto

6. Belenggu (2013)

Belenggu

Belenggu adalah film thriller psikologis yang menceritakan kisah seorang wanita bernama Rini yang terjebak dalam pernikahan yang abusive dengan suaminya, Richard. Rini mulai mengalami halusinasi dan paranoia, dan dia tidak yakin apakah dia benar-benar waras.

Plot twist dalam film ini muncul di akhir cerita. Terungkap bahwa semua yang dialami Rini adalah halusinasi akibat trauma masa lalunya. Pengungkapan ini membuat penonton terharu dan mempertanyakan realitas yang sebenarnya.

7. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan

Pengabdi Setan adalah film horor yang menceritakan kisah sebuah keluarga yang diteror oleh arwah ibu mereka yang telah meninggal. Film ini penuh dengan atmosfir yang mencekam dan jumpscare yang mengejutkan.

Plot twist dalam film ini muncul di akhir cerita. Terungkap bahwa ibu mereka yang telah meninggal ternyata adalah seorang pengabdi setan, dan dia ingin membawa anak-anaknya ke alamnya. Pengungkapan ini membuat ending film menjadi lebih mengerikan dan tak terduga.

Kesimpulan

Plot twist merupakan elemen yang dapat membuat film menjadi lebih menarik dan tak terlupakan. 7 film Indonesia yang disebutkan di atas adalah contoh bagaimana plot twist dapat mengubah jalan cerita dan persepsi penonton terhadap film tersebut.

Keberhasilan plot twist terletak pada bagaimana twist tersebut ditanamkan dan diungkap dalam cerita. Plot twist yang dipaksakan atau mudah ditebak akan membuat film menjadi kurang menarik.

Baca juga:
Akun Resmi Sonic Mengolok-olok Penggemar Toxic

Dunia perfilman Indonesia terus berkembang dan menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Diharapkan ke depannya akan semakin banyak film Indonesia yang memiliki plot twist yang cerdas dan mengejutkan.