Komik dan MangaEntertainment

20 Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa

Steven Junior
×

20 Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa

Share this article
Anime Terbaik

Banyuwangi, Vallet.id – Dunia anime telah menjadi bagian penting dari budaya populer global. Anime menawarkan berbagai genre cerita, gaya visual memukau, dan karakter yang tak terlupakan.

Memilih anime terbaik sepanjang masa bukanlah hal yang mudah karena preferensi setiap orang berbeda.

Namun, ada beberapa anime klasik dan kontemporer yang wajib ditonton oleh para penggemar anime.

Artikel ini memberikan rekomendasi 20 anime terbaik sepanjang masa. Pemilihan didasarkan pada faktor-faktor seperti kualitas cerita, karakter, animasi, soundtrack, dan pengaruhnya terhadap budaya anime secara keseluruhan.

Ini hanya sebagian kecil dari anime luar biasa yang tersedia, namun rekomendasi ini dapat menjadi titik awal yang baik bagi Anda yang ingin menjelajahi dunia anime.

1. Cowboy Bebop (Kauboi Bebopu) (1998)

Cowboy Bebop

Cowboy Bebop adalah anime bergenre space western yang legendaris. Anime ini bercerita tentang sekelompok pemburu bayaran yang berpetualang di luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa mereka, Bebop.

Cowboy Bebop terkenal dengan alur ceritanya yang cerdas, aksi yang memukau, dan soundtrack jazz yang fenomenal.

Anime ini juga menghadirkan karakter-karakter yang unik dan kompleks, seperti Spike Spiegel, sang protagonis yang dingin namun berbakat, dan Faye Valentine, penipu wanita yang cerdas dan licik.

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood (Hagane no Renkinjutsushi: Fullmetal Alchemist) (2009)

Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah adaptasi anime kedua dari manga dengan judul yang sama.

Anime ini dipuji karena alur ceritanya yang kompleks dan emosional, sistem sihir yang menarik, serta pengembangan karakter yang luar biasa.

Fullmetal Alchemist: Brotherhood bercerita tentang dua bersaudara, Edward dan Alphonse Elric, yang berusaha mengembalikan tubuh mereka setelah gagal melakukan transmutasi manusia untuk menghidupkan kembali ibu mereka.

Perjalanan mereka penuh dengan tantangan dan pengorbanan, membuat penonton ikut terbawa perasaan. Anime ini cocok untuk penggemar cerita fantasi gelap dan aksi yang menegangkan.

Baca juga: One Piece: Inikah Kelemahan Terbesar dari Para Gorosei?

3. Neon Genesis Evangelion (Shinseiki Evangelion) (1995)

Neon Genesis Evangelion adalah anime mecha psikologis yang kontroversial namun berpengaruh. Anime ini bercerita tentang sekelompok remaja yang menjadi pilot robot raksasa untuk melawan makhluk luar angkasa yang disebut Angel.

Neon Genesis Evangelion mengusung tema psikologi dan eksistensialisme yang dalam, dieksplorasi melalui karakter-karakter yang bermasalah dan hubungan mereka yang rumit. Anime ini memicu diskusi dan interpretasi yang beragam di kalangan penggemar.

Baca juga:
10 Fakta Luffy Gear 5 di One Piece yang Telah Terungkap

4. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) (2001)

Spirited Away adalah film anime fantasi yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Chihiro yang tersesat di dunia roh dan harus bekerja di penyihir jahat untuk menyelamatkan orang tuanya.

Spirited Away terkenal dengan visualnya yang memukau, imajinasi yang luas, dan kisah coming-of-age yang mengharukan.

Film ini memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2003, menjadi film anime pertama yang meraih penghargaan tersebut.

5. My Hero Academia (2016)

My Hero Academia

My Hero Academia adalah anime shounen (ditujukan untuk anak laki-laki) bergenre superhero yang populer.

Anime ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Izuku Midoriya yang tinggal di dunia di mana sebagian besar orang memiliki kekuatan super, atau Quirk.

Meskipun ia terlahir tanpa Quirk, Izuku bermimpi menjadi pahlawan seperti idolanya, All Might.

My Hero Academia menggembirakan dengan semangat kepahlawanan, aksi yang mendebarkan, pertarungan yang strategis, dan kisah persahabatan yang menyentuh.

Anime ini cocok untuk berbagai kalangan usia dan menginspirasi para penonton untuk mengejar mimpi mereka.

6. Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) (2013)

Attack on Titan

Attack on Titan adalah anime seinen (ditujukan untuk pria muda) yang berlatar di dunia di mana umat manusia terkurung di dalam kota yang dikelilingi oleh tembok raksasa untuk melindungi diri dari raksasa humanoid yang disebut Titan.

Anime ini terkenal dengan alur ceritanya yang menegangkan, penuh misteri, dan plot twist yang mengejutkan.

Attack on Titan juga menghadirkan karakter-karakter yang kompleks dan penuh perjuangan, seperti Eren Yeager, sang protagonis yang ingin membalas dendam atas kematian orang tuanya dan membebaskan umat manusia dari Titan.

7. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (2019)

Demon Slayer Kimetsu no Yaiba

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah anime shounen yang bercerita tentang Tanjiro Kamado, seorang anak laki-laki yang keluarganya dibunuh oleh iblis.

Tanjiro kemudian bergabung dengan Demon Slayer Corps untuk membalaskan dendam keluarganya dan menemukan obat untuk adiknya Nezuko yang telah berubah menjadi iblis.

Anime ini terkenal dengan animasinya yang indah, aksi yang seru, dan cerita yang menyentuh hati.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba juga menghadirkan karakter-karakter yang menarik dan penuh tekad, seperti Tanjiro dan Nezuko, serta para anggota Demon Slayer Corps lainnya.

8. Death Note (2006)

Death Note adalah anime seinen yang bercerita tentang Light Yagami, seorang siswa SMA yang menemukan buku catatan supernatural yang dapat membunuh orang dengan menuliskan nama mereka di dalamnya. Light kemudian menggunakan Death Note untuk menciptakan dunia yang ideal menurutnya.

Anime ini terkenal dengan alur ceritanya yang menegangkan dan penuh pertarungan mental antara Light dan L, seorang detektif yang berusaha menghentikannya.

Death Note juga menghadirkan karakter-karakter yang cerdas dan penuh ambisi, seperti Light dan L, serta pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang moralitas dan keadilan.

9. Your Name (Kimi no Na wa.) (2016)

Your Name adalah film anime romantis yang bercerita tentang Mitsuha Miyamizu, seorang gadis SMA dari pedesaan, dan Taki Tachibana, seorang siswa SMA dari Tokyo, yang secara misterius bertukar tubuh.

Baca juga:
10 Fakta Sasuke Uchiha, Sahabat Naruto dan Adik Itachi yang Jenius!

Film ini terkenal dengan visualnya yang indah, cerita yang unik dan menyentuh hati, serta soundtrack yang memukau.

Your Name menjadi salah satu film anime terlaris sepanjang masa dan menunjukkan kekuatan anime dalam menceritakan kisah cinta yang universal.

10. Violet Evergarden (2018)

Violet Evergarden adalah anime drama yang bercerita tentang Violet Evergarden, seorang Auto Memory Doll yang bekerja di sebuah perusahaan pos untuk membantu orang menulis surat. Violet belajar tentang emosi manusia dan menemukan makna hidup melalui pekerjaannya.

Anime ini terkenal dengan animasinya yang indah, cerita yang menyentuh hati, dan karakter Violet yang penuh dengan perkembangan. Violet Evergarden menunjukkan kemampuan anime dalam mengeksplorasi tema-tema kompleks seperti emosi dan makna hidup.

Baca juga: 7 Film Indonesia dengan Ending Paling Plot Twist!

12. One Piece (1999)

One Piece

One Piece adalah anime shounen yang populer dengan ceritanya yang panjang dan penuh petualangan.

Anime ini bercerita tentang Monkey D. Luffy, seorang bajak laut yang bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut dengan menemukan harta karun legendaris bernama One Piece.

Luffy dan kru bajak lautnya, Topi Jerami, berlayar di Grand Line untuk mencari One Piece dan menghadapi berbagai rintangan.

One Piece menawarkan cerita yang seru dan penuh humor, karakter yang unik dan menarik, serta dunia yang luas dengan berbagai ras dan budaya. Anime ini cocok untuk semua kalangan usia dan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.

13. Naruto (2002)

Naruto adalah anime shounen klasik yang bercerita tentang Naruto Uzumaki, seorang ninja muda yang ingin menjadi Hokage, pemimpin desa Konohagakure. Naruto berlatih keras dan menjalin persahabatan dengan Sasuke Uchiha dan Sakura Haruno untuk mencapai mimpinya.

Naruto menawarkan cerita yang inspiratif tentang kerja keras, persahabatan, dan tekad. Anime ini juga menghadirkan pertarungan ninja yang seru dan penuh aksi. Naruto cocok untuk penonton yang ingin menyaksikan kisah tentang perjuangan seorang anak untuk mencapai mimpinya.

14. Fairy Tail (2009)

Fairy Tail adalah anime shounen yang bercerita tentang Lucy Heartfilia, seorang penyihir muda yang bergabung dengan guild penyihir Fairy Tail. Lucy dan teman-temannya menyelesaikan berbagai misi dan petualangan di dunia sihir yang penuh dengan keajaiban.

Fairy Tail menawarkan cerita yang seru dan penuh humor, karakter yang unik dan menarik, serta aksi sihir yang fantastis. Anime ini cocok untuk penonton yang ingin menyaksikan petualangan seru di dunia sihir.

15. Gintama (2006)

Gintama adalah anime seinen bergenre komedi samurai yang terkenal dengan humornya yang satir dan parodi budaya pop. Anime ini bercerita tentang Gintoki Sakata, seorang samurai yang hidup di era Edo yang dikuasai oleh alien. Gintoki bekerja sebagai freelancer untuk membantu orang lain dengan berbagai masalah.

Gintama menawarkan humor yang cerdas dan satir, cerita yang unik dan menarik, serta karakter yang eksentrik dan penuh humor. Anime ini cocok untuk penonton dewasa yang ingin menyaksikan anime komedi yang berbeda dari yang lain.

Baca juga:
10 Fakta Gol D. Roger, Raja Bajak Laut Legendaris yang Mengubah Dunia!

16. Clannad: After Story (2008)

Clannad: After Story adalah anime drama romantis yang merupakan sekuel dari Clannad. Anime ini bercerita tentang Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa, dua orang yang saling jatuh cinta dan membangun keluarga bersama. Namun, mereka harus menghadapi berbagai rintangan dan tragedi dalam hidup mereka.

Clannad: After Story menawarkan cerita yang menyentuh hati dan penuh emosional, karakter yang relatable dan kompleks, serta visual yang indah dan penuh makna. Anime ini cocok untuk penonton yang ingin menyaksikan kisah cinta yang tragis dan mengharukan.

17. Madoka Magica (2011)

Madoka Magica adalah anime mahou shoujo (gadis penyihir) yang subversif dan penuh misteri. Anime ini bercerita tentang Madoka Kaname, seorang gadis SMA yang dikontrak oleh Kyubey, makhluk magis, untuk menjadi gadis penyihir dan melawan penyihir jahat. Namun, Madoka soon discovers the dark secrets and dangers of being a magical girl.

Madoka Magica menawarkan cerita yang unik dan penuh twist, karakter yang kompleks dan penuh misteri, serta visual yang indah dan penuh simbolisme. Anime ini cocok untuk penonton dewasa yang ingin menyaksikan anime mahou shoujo yang berbeda dari yang lain.

18. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

Anohana: The Flower We Saw That Day adalah anime drama supernatural yang bercerita tentang sekelompok remaja yang dihantui oleh masa lalu mereka. Jinta Yadomi, seorang pemuda yang menarik diri dari dunia luar, bertemu dengan arwah Menma Honma, teman masa kecilnya yang telah meninggal. Jinta dan teman-temannya berusaha untuk membantu Menma mencapai tujuannya dan menyelesaikan urusannya di dunia ini.

Anohana: The Flower We Saw That Day menawarkan cerita yang menyentuh hati dan penuh emosional, karakter yang relatable dan kompleks, serta visual yang indah dan penuh makna. Anime ini cocok untuk penonton yang ingin menyaksikan kisah tentang persahabatan, kehilangan, dan pendewasaan.

19. Your Lie in April (Shigatsu wa Kimi no Uso) (2014)

Your Lie in April adalah anime drama romantis yang bercerita tentang Kousei Arima, seorang pianis muda berbakat yang kehilangan kemampuannya untuk mendengar suara piano setelah kematian ibunya. Dia menjadi terisolasi dan tidak mau bermain piano lagi.

Suatu hari, Kousei bertemu dengan Kaori Miyazono, seorang pemain biola yang ceria dan penuh semangat. Kaori mendorong Kousei untuk kembali bermain piano dan membantunya menemukan kembali kecintaannya pada musik.

Your Lie in April menawarkan cerita yang menyentuh hati dan penuh emosional, karakter yang relatable dan kompleks, serta visual yang indah dan penuh makna. Anime ini cocok untuk penonton yang ingin menyaksikan kisah tentang cinta, kehilangan, dan kekuatan musik.

20. Haikyuu!! (2014)

Haikyuu!! adalah anime shounen bergenre sports yang bercerita tentang Hinata Shoyo, seorang siswa SMA yang terinspirasi oleh pemain bola voli profesional “Little Giant” dan ingin menjadi seperti dia. Hinata bergabung dengan tim bola voli SMA Karasuno dan berusaha untuk membawa timnya ke puncak.

Haikyuu!! menawarkan cerita yang seru dan penuh semangat, karakter yang unik dan menarik, serta aksi bola voli yang menegangkan. Anime ini cocok untuk semua kalangan usia dan dapat dinikmati oleh para penggemar sports anime.

Kesimpulan

Anime adalah bentuk seni yang kaya dan beragam dengan banyak genre dan cerita untuk ditawarkan. 20 anime yang direkomendasikan dalam artikel ini hanyalah sebagian kecil dari anime luar biasa yang tersedia.

Memilih anime terbaik adalah hal yang subjektif dan tergantung pada preferensi setiap orang. Artikel ini dapat menjadi titik awal yang baik bagi Anda yang ingin menjelajahi dunia anime dan menemukan anime favorit Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat!