Memilih Jenis Tulisan yang Tepat untuk Logo

photo-1416339134316-0e91dc9ded92

Logomu penting karena logo tersebut berbicara banyak mengenai bisnis dan perusahaanmu, sama seperti pilihanmu dalam berpakaian. Jika kamu akan berbicara di depan para presiden dan perdana menteri, sangatlah tidak mungkin kamu akan memilih mengenakan kaos dan potongan celana pendek, benar bukan? Pertimbangan hati-hati oleh karenanya diperlukan saat memilih tulisan untuk logo, karena terkadang bukanlah mengenai apa yang kamu katakan tetapi bagaimana kamu mengatakannya.

Apakah kamu tahu bahwa ada perasaan-perasaan tertentu yang dirasakan orang saat mereka melihat warna-warna tertentu? Begitu pula yang mereka rasakan saat melihat tulisan. Untuk membuatnya mudah, mari kita lihat beberapa contoh merk-merk kelas dunia di bawah ini:

google

Perasaan apa yang kamu dapatkan saat melihat logo Google di atas? Bagi kami dan bagi banyak orang, logo Google mewakilkan kesederhanaan dan ketenangan dan kita sangat menghormati serta mengaguminya.

1426182101987

Logo Coca-cola menunjukkan keceriaan, rasa santai dan keramahan.

disneylogo

Disney mungkin merupakan ahlinya dalam membuat orang di seluruh dunia, dari anak-anak hingga dewasa, bahagia. Ada sesuatu yang begitu spesial dan berani, jika bukan gaib, dari logo Disney.

Seperti bisa dilihat, logo berbicara banyak tanpa adanya kata-kata. Dan sekarang kami tahu kamu akan menanyakan ini: Bagaimana memastikan bahwa saya memilih tulisan yang tepat yang merefleksikan nilai-nilai inti dari produk dan layanan yang perusahaan saya tawarkan? Kami memberikanmu hal-hal dasar mengenai tulisan yang perlu kamu tahu untuk memulainya:

JENIS TULISAN

Pada level yang paling dasar, tulisan dapat dibedakan menjadi lima jenis, yaitu serif, sans serif, handwriting, script dan display/decorative.

Tulisan serif adalah tulisan tradisional yang memiliki garis-garis di akhir huruf-hurufnya sehingga mereka terlihat klasik, serius dan profesional. Contoh dari tulisan jenis serif adalah Times New Roman.

Tulisan sans serif, sebaliknya, tidak memiliki garis-garis di akhir huruf-hurufnya, yang membuat mereka terlihat modern dan bersih. Calibri adalah tulisan jenis sans serif.

Tulisan handwriting memberikan kesan hangat dan menyambut karena mereka didesain untuk terlihat lebih humanis.

Serupa dengan tulisan handwriting, tulisan script juga didesain dengan tujuan untuk memiliki sentuhan pribadi. Tulisan script pada umumnya memiliki huruf-huruf yang menyambung dan mereka terlihat sangat elegan bagi kebanyakan orang.

Tulisan display/decorative didesain untuk menarik perhatian orang dan itulah mengapa mereka sangat berbeda bila dibandingkan dengan jenis tulisan lainnya.

type_styles

Biasanya sudah cukup untuk menggunakan satu jenis tulisan untuk logo, tetapi saat kamu ingin menyampaikan sebuah pesan yang kuat bagi para pembaca, kamu dapat menggunakan beberapa jenis tulisan. Seandainya kamu memerlukan lebih dari satu jenis tulisan, pastikan bahwa kamu memilih jenis-jenis tulisan yang cocok satu sama lain. Dua jenis tulisan yang memiliki perbedaan mencolok tidak akan sedap dipandang mata.

SKALA & SPASI

Saat memilih tulisan, kamu juga harus mempertimbangkan skala dan spasi. Skala tulisan adalah kelebaran huruf-hurufmu. Biasanya skala reguler yang digunakan, namun jika kamu memiliki tujuan-tujuan lain, tentu saja kamu bisa membuat huruf-hurufmu lebih lebar atau lebih sempit.

Spasi adalah jarak antar tulisan. Lagi, tergantung pada pesan yang kamu ingin sampaikan, kamu dapat mengatur spasimu sendiri.

JANGAN LUPA

Sebelum kamu mulai membuat keputusan, entah untuk tulisan, skala atau spasinya, kamu perlu mengingat bahwa logo memainkan sebuah peranan penting dalam menentukan (walaupun logo bukan satu-satunya penentu) bagaimana merkmu mewakili perusahaan. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengumpulkan dan menuliskan kualitas-kualitas yang kamu ingin logomu sampaikan, karena setiap jenis tulisan memiliki suasana hati dan kepribadiannya sendiri-sendiri. Memilih jenis tulisan yang salah akan menjadi sebuah kerugian bagi bisnis dan perusahaanmu.

Language »