Beda Negara, Beda Budaya: Ingatlah 16 Hal Ini Kecuali Kamu Mau Mendapat Masalah…

Apa kamu memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri? Mungkin kamu sebaiknya mempelajari budaya mereka terlebih dahulu, seperti kata pepatah “Saat berada di Roma, lakukan apa yang dilakukan orang Roma”. Karena jika tidak, kamu mungkin akan menyinggung penduduk setempat atau lebih buruk lagi, ditangkap!

  • Jepang
japan

Jepang adalah negara yang tidak suka tip. Mereka akan memberikan layanan berkualitas kemana pun kamu pergi, tapi jangan pernah memberi mereka tip. Memberikan tip kepada orang Jepang sama saja seperti menghina mereka. Selain itu, jika kamu menggunakan eskalator, berdirilah di sisi yang benar jika kamu tidak ingin berjalan naik. Terakhir, ingatlah untuk selalu melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah orang Jepang.

  • Filipina
philippines

Jika kamu melihat ada makanan terakhir di atas meja, jangan pernah kamu ambil sebelum ditawarkan. Jangan pernah memandang di Filipina karena hal tersebut dianggap kasar dan orang yang kamu pandangi mungkin berpikir kamu sedang menantang mereka.

  • Chili
chile

Saat di Chili, jangan makan dengan tangan langsung. Juga, saat berbicara dengan seorang Chili, ingatlah untuk tidak menggunakan terlalu banyak isyarat karena bisa disalahartikan sebagai perbuatan kasar. Jangan memanggil orang Chili dengan nama pertama mereka kecuali mereka memperbolehkannya.

  • Amerika Serikat
usa

Tidak seperti Jepang, tip sangatlah penting di Amerika Serikat. Jangan pernah lupa untuk meninggalkan tip.

  • Malaysia
malaysia

Di Malaysia jika kamu ingin menunjuk sesuatu, kamu sebaiknya menunjuk dengan jempol daripada jari telunjuk. Jangan sentuh kepala orang atau memberikan sesuatu di atas kepala. Sama seperti Jepang, saat memasuki rumah orang Malaysia, jangan lupa untuk melepas sepatu.

  • Hungaria
hungary

Saat kamu diundang oleh orang Hungaria untuk makan di rumah mereka, kamu harus mencoba semua yang dihidangkan di meja dan jangan pernah menyisakan makanan di atas piring. Hindari pembicaraan dengan topik politik dan agama. Jangan pernah gunakan jari telunjuk untuk menunjuk sesuatu.

  • Jerman
germany

Ingatlah untuk tidak pernah berbicara dengan tangan berada di dalam saku saat berada di Jerman karena bersikap seperti itu tidaklah sopan. Hal berikutnya yang kamu perlu ingat sangatlah penting: jangan pernah melakukan salam Nazi atau menggunakan simbolnya, kamu akan ditangkap!

  • Tiongkok
china

Jika kamu berada di Tiongkok dan melihat sumpit, jangan melambai-lambaikan sumpit tersebut. Saat diundang oleh orang Tiongkok, ingatlah untuk jangan pernah menghabiskan segalanya yang ada di atas piringmu karena mereka akan berpikir mereka tidak menghidangkan cukup makanan untukmu.

  • Rusia
russia

Jangan tersenyum kepada orang asing di Rusia karena mereka menganggap senyum adalah sesuatu yang sifatnya akrab.

  • Norwegia
norway

Jika kamu mengendarai sebuah mobil di Norwegia, kamu jangan pernah membunyikan klakson kecuali dalam keadaan darurat.

  • Perancis
france

Lebih baik kamu tidak berbicara atau bertanya soal uang di Perancis. Juga jangan bertanya mengenai arah karena kemungkinan besar orang Perancis akan mengabaikanmu.

  • Turki
turkey

Jangan pernah membuat gerakan tangan universal yang melambangkan “OK” karena di Turki itu artinya adalah homoseksual. Jika kamu diberikan sebuah hadiah, jangan pernah menolak tapi juga jangan menerima terlalu cepat.

  • Inggris
england

Lebih baik tidak memeluk seseorang yang tidak kamu kenal dengan sangat baik di Inggris. Jika kamu memasuki rumah orang Inggris, kamu sebaiknya memiliki sesuatu untuk ditawarkan.

  • India
india

Selalu gunakan tangan kanamu saat menukar uang, memberikan hadiah kepada seseorang, menerima sesuatu, dll. Dalam kebudayaan India, tangan kiri dianggap tidak bersih. Kamu juga harus ingat untuk tidak pernah menyentuh mereka yang jenis kelaminnya tidak sama denganmu di hadapan umum.

  • Irlandia
india

Jika kamu berada di Irlandia, sangatlah baik jika kamu tidak mencoba mengikuti aksen Irlandia.

  • Meksiko
mexico

Jika kamu mendengar penduduk Meksiko membuat lelucon, jangan merasa terhina atau tersinggung.

Language »