Tips Cerdas Mengelola Gaji THR Agar Tepat Sasaran

Lebaran tinggal menghitung hari, apa kabar dengan tunjangan hari raya Anda? Setiap kali lebaran datang, THR adalah salah satu yang paling dinanti. Herannya meski saat lebaran pendapatan meningkat minimal dua kali lipat karena selain mendapat gaji, sekaligus juga mendapat THR. Namun masih banyak yang mengeluh kekurangan uang untuk lebaran. Nah, buat yang masih bingung bagaimana mengelola gaji THR agar tidak bocor di sana-sini, simak tips cerdas ini yuk!

1. Zakat dan Sedekah

mengelola gaji THR untuk zakat

Sebelum membelanjakan THR untuk macam-macam keperluan, pastikan dua hal penting ini sudah Anda keluarkan. Ya, zakat dan sedekah harus diprioritaskan dibanding urusan lainnya. Karena dua hal ini yang akan membuat lebaran Anda semakin berkah.

2. Hutang dan Tanggungan

mengelola gaji THR untuk membayar hutang

Pendapatan tambahan di saat lebaran seringkali membuat kita kalap mata untuk belanja ini dan itu. Namun jika Anda masih memiliki hutang yang belum terbayar, lunasi dulu hutang-hutang tersebut sehingga saat lebaran Anda sudah bisa tenang tanpa memikirkan hutang yang belum selesai. Selain hutang, Anda juga perlu memikirkan tanggungan yang harus diselesaikan, misal THR untuk asisten rumah tangga Anda. Jangan sampai karena keasyikan belanja kebutuhan lebaran, kita lupa menunaikan kewajiban kita pada orang lain.

3. Keperluan Hari Raya dan Mudik

mengelola gaji THR untuk belanja

Baru setelah zakat, sedekah, hutang dan tanggungan-tanggungan dibayarkan, Anda boleh bebas belanja. Tentunya tetap buat daftar belanja, skala prioritas dan sesuaikan dengan kebutuhan ya. Jangan sampai Anda sebenarnya hanya butuh satu stel pakaian baru, sampai di pusat perbelanjaan membeli tiga stel karena tidak bisa mengerem keinginan. Untuk Anda yang harus mudik ke luar kota, jangan lupa untuk mengelola gaji THR dan menyisihkan pos untuk biaya mudik serta angpau untuk keluarga.

4. Dana Cadangan

mengelola gaji THR untuk dana cadangan

Setelah keperluan lebaran dan mudik teratasi dan gaji THR Anda masih tersisa, poskan untuk dana cadangan yang bisa Anda gunakan saat ada kejadian tak terduga di hari-hari lebaran.

5. Investasi

mengelola gaji THR untuk investasi

Ketika lebaran telah usai dan saatnya kembali ke kantor, ternyata gaji THR Anda masih bersisa, saatnya untuk menginvestasikannya. Anda bisa membeli emas atau reksa dana dari uang THR tersebut.

Dengan mengelola gaji THR secara cerdas, nggak akan ada istilah kehabisan uang saat lebaran. Bahkan seharusnya Anda malah bisa berinvestasi untuk hari tua dengan uang THR tersebut.

Language »