Tingkatkan Produktivitas Kinerja di Kantor dengan 10 Langkah Mudah Ini…

Produktivitas kinerja di kantor bisa memiliki goal yang berbeda tiap individu atau tiap instansi. Ada orang yang beranggapan kerja selama delapan jam tanpa henti merupakan sesuatu yang produktif. Namun ada pula yang beranggapan produktif itu jika seseorang bisa bekerja hanya dalam waktu tiga jam dengan pencapaian target yang maksimal. Jangan terlalu memusingkan perbedaan definisi produktif antar individu, karena justru akan membuat Anda capek dan tidak fokus dengan target pekerjaan Anda. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan diri, tentunya tetap efisien dan efektif.

Jika saat ini Anda sedang mengalami produktivitas kinerja di kantor, tim Uprint.id ingin berbagi 10 langkah mudah untuk meningkatkan semangat bekerja Anda. Mau tahu apa saja 10 hal tersebut?

1. Buat To Do List dan Target Harian

Produktivitas kinerja seringkali macet karena Anda bingung harus mengerjakan pekerjaan yang mana dulu. Rasa-rasanya meja kerja Anda penuh dengan file dan dokumen yang harus segera dikerjakan, namun Anda tidak tahu harus mulai dengan dokumen yang mana. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda membuat to do list yang harus dikerjakan di kantor pada hari itu. Buat daftar pekerjaan mana saja yang memiliki deadline terdekat, beri juga tenggat waktu berapa lama harus Anda kerjakan. Buat juga checklist target harian. Jika target tercapai, Anda cukup mencentangnya. Anda jadi bisa tahu berapa persen target tercapai setiap harinya.

2. Lewat Jalan Berbeda dari Biasanya

Melewati jalan yang sama setiap harinya bisa menimbulkan rasa bosan, apalagi jika Anda termasuk orang yang cepat jenuh dengan sebuah rutinitas. Maka sesekali pilih jalan yang berbeda ketika Anda berangkat ke kantor atau pulang dari kantor. Melewati jalan yang berbeda akan membuat Anda melihat hal-hal yang berbeda, bisa jadi hal tersebut meningkatkan semangat dan melahirkan ide yang cemerlang untuk pekerjaan Anda. Cobalah!

3. Letakkan Sebuah Pot Tanaman di Meja Kerja

Tahukah Anda bahwa memandang tanaman hijau bisa menghilangkan rasa penat di tengah-tengah jam kerja? Maka besok sempatkan untuk membeli sebuah pot kecil dengan tanaman hijau di dalamnya. Lalu letakkan di atas meja kerja Anda. Saat Anda merasa lelah, tengoklah tanaman tersebut, siramlah dengan air dan ajak tanaman itu bicara, lihat apa yang Anda rasakan setelahnya!

4. Pasang Mimpi Anda di Tempat yang Mudah Dilihat

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia, sepenggal lirik dari Nidji di lagu Laskar Pelangi tersebut bisa menginspirasi. Ya, semua orang pasti punya mimpi, begitu juga Anda. Namun seringkali Anda lupa pada mimpi tersebut. Maka pasang mimpi Anda di meja kerja atau mungkin pasang gambar mimpi Anda di layar komputer, sehingga setiap kali Anda lelah bekerja dan melihat gambar itu, Anda kembali semangat demi meraih mimpi tersebut. Misal Anda punya mimpi untuk membeli rumah, mobil atau pergi umroh, pasang gambar mimpi itu. Jika Anda ingin mencetaknya dengan kualitas yang bagus, Anda bisa mencetak poster mimpi itu di Uprint.id. Kualitas gambar yang bagus akan membuat Anda semakin semangat mencapai impian tersebut.

5. Lakukan Peregangan

Terlalu lama duduk dan menghadap komputer bisa membuat otot kita tegang. Lakukan sedikit peregangan dan relaksasi di tengah-tengah jam kerja. Anda bisa juga sesekali berjalan menuju jendela kantor dan memandang langit biru yang indah, ambil nafas yang panjang dan hembuskan, hal itu bisa membantu Anda kembali tenang.

6. Makan Siang di Luar Kantor

Berjam-jam di kantor bisa jadi sangat membosankan, sesekali makan siang di luar kantor bisa membantu mengatasi rasa jenuh. Mengobrol bersama teman kerja tentang hal-hal di luar pekerjaan bisa membuat Anda segar dan ketika kembali ke kantor, Anda bisa fokus kembali bekerja.

7. Pasang Playlist yang Menghentak

Jangan terlalu banyak mendengar lagu galau jika ingin meningkatkan produktivitas kinerja di kantor. Ubah playlist yang Anda dengarkan dengan lagu-lagu yang membuat adrenalin Anda naik dan semangat bekerja.

8. Cukup Minum itu Perlu

Seringkali kita cepat merasa lelah karena tidak memperhatikan asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan jangan lupa minum air mineral yang cukup. Kekurangan air bisa membuat Anda kurang konsentrasi dan menurunkan produktivitas kinerja Anda. Kalau Anda tidak begitu suka dengan air putih tawar, Anda bisa membawa jus atau air putih yang ditambahkan lemon atau beberapa buah-buahan di dalamnya.

9. Bawa Cemilan Sehat

Bagi Anda yang tidak bisa fokus bekerja tanpa makanan, pastikan untuk membawa cemilan yang sehat. Cemilan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak justru akan membuat Anda cepat mengantuk. Gantilah cemilan tak sehat dengan kudapan yang menyegarkan seperti buah-buahan atau salad.

10. Buat Jurnal Syukur atas Kinerja Anda

Ini adalah cara terakhir untuk meningkatkan produktivitas kinerja di kantor. Jika langkah pertama tentang menyusun to do list dan target harian telah terlampaui, saatnya setiap akhir sesi kerja Anda, sisihkan lima menit untuk membuat jurnal syukur atas pencapaian Anda pada hari itu. Bersyukurlah jika target Anda 100% tercapai di hari itu. Bahkan jika memang hanya 50% target yang tercapai, tetap syukuri hal tersebut. Kalau perlu berikan hadiah kepada diri sendiri jika target yang Anda buat tercapai. Ucapkan terima kasih pada diri sendiri dan katakan bahwa Anda telah bekerja dengan cukup baik hari ini.

Produktivitas kinerja di kantor sangat bergantung dengan kewarasan kita. Maka untuk bisa mencapai kinerja yang produktif, pastikan Anda selalu merasa bahagia. Selamat bekerja!

Language »