Ternyata 5 Cara Ini Ampuh Untuk Mengelola Uang Ketika Mendekati Pensiun

Mendengar pensiun, dibenak Anda adalah terhentinya aktivitas pekerjaan yang rutin dan tidak lagi mendapatkan gaji. Jika itu di perusahaan non negeri, sedangkan di perusahaan negeri seseorang yang akan pensiun atau bahkan sudah pensiun akan mendapatkan uang pensiunan. Sangat sulit jika Anda bekerja di perusahaan swasta yang tidak memiliki pensiunan. Tapi jangan sedih, Anda akan dapat dana pensiuan juga, jika dapat mengelola keuangan. Seperti cara berikut ini mengelola uang sebelum pensiun.

1. Mengontrol Pengeluaran

mengelola uang sebelum pensiun 01

Tidak salahnya Anda, mengawasi semua pengeluaran. Dengan tujuan agar memiliki tabungan saat pensiun tiba atau bahkan sebelum pensiun. Selain itu, dengan mengatur pengeluaran Anda menjadi lebih tahu kemana saja uang tersebut dipergunakan. Sehingga Anda dapat mengatur keperluan yang tidak penting. Itulah cara mengelola uang sebelum pensiun.

2. Buat Rencana Setelah Kelak Pensiun

mengelola uang sebelum pensiun 02

Membuat rencana sebelum dan sesudah pensiun itu merupakan kewajiban semua pekerja. Sebab, usia seseorang tidak terus menerus digunakan untuk bekerja, melainkan ada saatnya untuk istirahat. Membuat rencana ini juga merupakan solusi bagi Anda yang akan pensiun, sehingga akan mendapatkan kenyamanan setelah pensiun. Dengan mengelola uang sebelum pensiun Anda dan pasangan akan lebih mengetahui berapa dana yang diperlukan untuk menyambung hidup setelah pensiun. Pastikan juga saat pensiun cobalah memanfaatkan uang tabungan untuk membuka usaha jangka panjang. Sehingga tidak sulit ketika mengalami pensiun.

3. Sisihkan Setengah dari Penghasilan

mengelola uang sebelum pensiun 03

Sebelum Anda memutuskan untuk pensiun atau ketika sudah mengetahui akan ada pensiun, sebaiknya Anda menyisihkan setengah dari penghasilan. Dengan tujuan agar kelak ketika pensiun, Anda masih memiliki tabungan yang dapat membantu keperluan sehari-hari. Buatlah tabungan pribadi yang tidak memiliki potongan besar untuk admin. Bahkan ada juga tabungan yang tidak memotong biaya admin, sehingga Anda diminta untuk menyisihkan uang sebagai jaminan administrasi.

4. Memperhitungkan Saat Ingin Membeli Sesuatu

manajemen keuangan yang buruk 04

Membuat perhitungan saat akan membeli sesuatu merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui seberapa pentingnya barang tersebut. Jika dirasa belum perlu untuk dimiliki, lebih baik tidak dibeli. Daripada barang tersebut hanya menjadi sesuatu yang sia-sia.

5. Maksimalkan Pendapatan

hemat untuk traveling 04

Dengan memaksimalkan pendapatan ini, Anda diharuskan bekerja freelance untuk menambah tabungan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pekerjaan sampingan. Sebab, itu semua juga dibutuhkan untuk persiapan sebelum pensiun dan sesudah pensiun.

Itulah 5 cara yang ampuh mengelola uang sebelum pensiun. Dengan tujuan, agar pensiun Anda lebih nyaman tanpa harus khawatir kehabisan uang tabungan. Bahkan Anda masih tetap dapat menimkati hidup dengan uang tabungan tersebut. Cara ini juga bagus dilakukan bagi Anda yang memiliki uang pensiunan tetap, seperti para pegawai negeri sipil. Mereka yang selalu mendapatkan uang pensiun bulanan juga harus melakukan cara ini. Supaya, uang pensiuanan tetap berarti.

Language »