Oleh-oleh Desa Rasa Kota yang Cocok Untuk Dijadikan Buah Tangan Setelah Mudik

Mudik tidak lengkap tanpa oleh-oleh lebaran. Apalagi, saat setelah mudik dan kembali ke kota. Cobalah membawa oleh-oleh lebaran dari kampung halaman. Biasanya, makanan khas kampung halaman agak sulit ditemukan saat di kota besar.  Berikut ini kue-kue yang cocok untuk oleh-oleh lebaran dari kampung halaman.

1. Kue Lidah Kucing

oleh-oleh lebaran 1

Siapa yang tidak tahu kue yang satu ini, kue lidah kucing. Kue ini menjadi ciri khas di setiap lebaran. Bentuknya yang pipih dan lonjong menyerupai lidah kucing yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, kue ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh lebaran saat mudik lebaran.

2. Kue Kembang Goyang

oleh-oleh lebaran 2

Kue yang satu ini masuk kategori kue tradisional. Bentuknya yang menyerupai bunga dan cara pembuatannya menggunakan alat cetak yang digoyang agar adoanan lepas dari cetakan. Oleh sebab itu kue ini disebut kue kembang goyang. Teksturnya yang krispi, dan dengan rasa manis. Kue yang satu ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh lebaran setelah Anda balik dari kampung halaman.

3. Kue Semprong

oleh-oleh lebaran 3

Secara tekstur, kue yang satu ini hampir mirip dengan kue kembang goyang. Hanya saja bentuknya yang berbeda, jika kembang goyang kue yang berbentuk kembang atau bunga. Sedangkan kue semprong dicetakan menggunakan cetakan pipih kemudian dibentuk dengan cara menggulung kue tersebut.

4. Kue Grubi

oleh-oleh lebaran 4

Namanya mungkin asing di telinga Anda, namun ketika melihat wujudnya seketika akan mengetahui kue apa ini. Grubi adalah nama kue yang terbuat dari irisan ubi yang dibalut dengan gula merah dan dibentuk menjadi bola-bola. Ada juga yang menyebutnya dengan kremes ubi, sebab teksturnya yang renyah ketika dimakan. Grubi atau kremes ubi ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh lebaran setelah mudik dari kampung halaman.

5. Kue Biji Ketapang

oleh-oleh lebaran 5

Orang-orang di daerah Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Teksturnya yang tebal dan empuk membuat pecintanya tidak berpaling. Kue biji ketapang ini selalu hadir di setiap momen lebaran. Rasanya yang manis dan gurih, menjadikan makanan ini selalu diminati. Anda juga dapat menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh lebaran setelah mudik dari kampung halaman.

6. Kue Keciput

oleh-oleh lebaran 6

Kue keciput ini, memiliki tekstur seperti bolu kering. Jika Anda pernah melihat kue onde-onde biji wijen, maka seperti itu juga kue keciput ini. Hanya saja teksturnya yang berbeda dan cenderung lebih keras dan tentunya tanpa isian. Ukurannya juga cenderung lebih kecil, sehingga memudahkan anak-anak ketika mengkonsumsinya. Kue ini cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh lebaran setelah dari kampung halaman.

7. Kue Semprit

oleh-oleh lebaran 7

Kue yang satu ini sebenarnya sudah masuk kategori kue modern, namun sudah ada sejak zaman dahulu. Sehingga tetap memegang julukan kue tradisional. Rasanya yang manis dan dengan tekstur yang lebih mudah hancur memebuat sensasi berbeda ketika mengkonsumsinya. Anda dapat juga membawa kue semprit ini sebagai oleh-oleh lebaran untuk teman setelah mudik ke kampung halaman.

Itulah beberapa kue kering yang dapat Anda jadikan oleh-oleh kebaran setelah mudik dari kampung halaman. Bawalah sesuatu yang unik dan sulit menemukannya di kota besar seperti Jakarta. Dengang begitu, Anda juga memperkenalkan kue dari daerah masing-masing.

Language »