Cara Mudah Bisnis Jual Beli Barang Bekas Menguntungkan Sekaligus Beramal

Bisnis jual beli barang bekas, memang sudah tidak asing lagi di kalangan kaum urban saat ini. Bahkan, tidak sedikit juga yang mengandalkan toko barang bekas untuk mencari pakaian layak pakai. Tentunya, masih memiliki kondisi yang sangat baik dan terawat. Jika Anda berminat untuk menyalurkan kebutuhan konsumen akan fashion, tidak ada salahnya membuka bisnis jual beli barang bekas. Akan banyak keuntungan yang dihasilkan, bahkan Anda juga dapat beramal dari hasil jual barang bekas tersebut. Namun, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis seperti ini. Pastikan Anda memahami cara-cara berikut ini.

1. Menyiapkan dan Menyortir Barang

jual-beli-barang-bekas-menyortir-barang

Jika memang ingin membuka bisnis jual beli barang bekas, tidak ada salahnya untuk menyiapkan serta menyortir barang-barang terlebih dahulu. Mulai dari barang pribadi Anda hingga barang orang lain yang dibeli untuk dijual kembali. Pilihlah barang-barang yang memiliki daya guna layaknya seperti baru. Perhatikan kondisi barang, jangan sampai ada yang robek atau beberapa bagian berubah warna misalnya. Untuk bisnis semacam ini, yang diperlukan adalah ketelitian ekstra. Apalagi jika Anda menjual barang orang lain yang sudah dibeli, teliti harus dijadikan pedoman awal sebelum membeli dan kemudian menjualnya. Selain itu, agar barang-barang tersebut lebih mudah dijual, berikan kode khusus pada tiap-tiap kategori. Kode ini juga akan memudahkan Anda saat melakukan pencatatan, sehingga akan mudah mengetahui barang apa yang sudah laku terjual dan yang belum.

2. Menetapkan Harga Jual yang Masuk Akal

jual-beli-barang-bekas-menentukan-harga

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuka bisnis jual beli barang bekas, yang harus dilakukan adalah mengetahui harga terlebih dahulu. Jangan menyamakan antara harga barang baru dengan bekas. Sebab keduanya berbeda dan bagi mereka yang biasa membeli, pasti paham akan hal tersebut. Inilah hal terpenting dalam berbisnis jual beli barang bekas, tentukan harga yang masuk akal dan tidak boleh sama seperti yang baru. Walau barang tersebut baru sekali atau dua kali pemakaian. Jika Anda ingin mendapatkan untung, cobalah selektif ketika memilih barang yang akan dijual kembali. Semakin bagus barang, amak ketertarikan konsumen akan semakin besar.

3. Memilih Lokasi Penjualan yang Tepat

jual-beli-barang-bekas-memilih-lokasi-penjualan

Ketika Anda ingin membuka sebuah bisnis, sudah pasti akan mencari lokasi toko yang tepat. Tidak ada bedanya dengan bisnis jual beli barang bekas, Anda harus mendapatkan tempat yang sesuai. Misalnya di sebuah pusat perbelanjaan, atau di sekitar kampus, ini merupakan dua lokasi yang menjanjikan. Bukalah toko, dengan ragam jenis pakaian atau barang bekas yang lengkap. Sehingga, saat konsumen mencari sesuatu toko Anda menjadi solusi mereka. Dengan begitu, akan jauh lebih menarik perhatian konsumen. Tempatkan seluruh barang pada posisi yang tepat agar lebih enak dipandang. Apabila bisnis garage sale ini berhasil mendatangkan banyak pembeli, sebaiknya buatlah papan harga agar pembeli tidak perlu bertanya-tanya mengenai harga barang saat Anda sedang melayani pembeli yang lain.

4. Melakukan Promosi Secara Langsung

jual-beli-barang-bekas-melakukan-promosi-langsung

Anda dapat melakukan promosi secara langsung. Bahkan dengan promosi ini Anda juga dapat ikut serta beramal bagi para korban bencana alam yang sedang terjadi. Caranya adalah, membuka sesi penjualan hanya memfokuskan untuk beramal. Misalnya, pada pukul tertentu, Anda membuka sesi menjual barang bekas dan hasilnya untuk disumbangkan. Sistem seperti ini akan lebih menarik konsumen. Kapan lagi, ada yang menjual barang bekas dan hasilnya untuk dusumbangkan.

Kegiatan ini akan cenderung lebih efektif menarik daya tarik konsumen. Gunakanlah media promosi yang efektif, seperti brosur, poster, spanduk, banner, dan lain sebagainya. Itu semua akan mendukung kegiatan promosi Anda dan menarik perhatian calon konsumen. Jika Anda ingin mencetak media promosi, cobalah melakukan secara online di Uprint.id. Aneka ragam template dapat Anda gunakan secara gratis. Bahkan, Anda mencetaknya sesuai dengan desain yang sudah disiapkan.

5. Lakukan Promosi Melalui Media Sosial

etika-promosi-di-media-sosial-03-mengatur-postingan

Anda juga dapat melakukan promosi secara online. Selain itu, juga bisa memanfaatkan berbagai situs e-commerce untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Berikut tips agar promosi di sosial media lebih efektif dan efisien:

  • Pilih satu atau dua sosial media yang paling diminati oleh masyarakat
  • Buatkan akun khusus untuk bisnis garage sale
  • Unggah foto secara berkala. Bila perlu tambahkan testimoni yang berisi penilaian positif dari pembeli sebelumnya
  • Lebih responsif saat membalas pertanyaan dan komentar dari calon pembeli di sosial media

Anda juga dapat membuat website resmi untuk mengetahui identitas toko yang sebenarnya. Seperti yang dilakukan toko online jual beli barang bekas yang saat ini sedang hits di kalangan kaum urban.

6. Cobalah Menjalin Kerjasama dengan Orang Lain

jual-beli-barang-bekas-kerjasama

Tidak hanya bisnis di luar barang bekas saja yang boleh menjalin kerjasama dengan orang lain. Melainkan bisnis jual beli barang bekas ini juga harus dapat berkerjasama dengan orang lain. Semakin banyak orang yang berkerjasama, maka akan semakin banyak produk untuk dijual. Jika produk yang ditawarkan memiliki ragam, maka akan semakin banyak juga calon konsumen yang tertarik untuk melihat atau membeli. Selain itu seiring berjalannya waktu, barang- barang bekas milik Anda akan habis dijual. Agar bisnis garage sale tetap berlanjut dan Anda bisa maksimal meraup untung, lakukan kerjasama dengan orang lain untuk mengadakan event garage sale di periode berikutnya. Jumlah keuntungan yang diperoleh masing-masing pihak tergantung kesepakatan bersama. Agar terhindar dari percekcokan, sebaiknya bicarakan persentase keuntungan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa negosiasikannya sehingga menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Itulah cara mudah bisnis jual beli barang bekas yang menguntungkan sekaligus dapat beramal. Dalam berbisnis ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu kejujuran.

Language »