5 Latihan Kreatif yang Bisa Meningkatkan Skill Desain Anda

5 Latihan Kreatif yang Bisa Meningkatkan Skill Desain Anda

Apabila penulis mengalami writer’s block, maka desainer juga memiliki hari-hari di mana otak mereka seakan sepi ide dan inspirasi. Apakah Anda termasuk salah satunya? Daripada terus termenung dan desain yang dikerjakan tak kunjung selesai, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan kreatif ini. Tidak hanya membantu mendapatkan inspirasi, kemampuan skill desain Anda juga akan meningkat!

1. Mengubah Nama Menjadi Sebuah Logo


Selama ini, apa tujuan Anda mendesain logo? Kemungkinan besar untuk memenuhi keinginan klien, bukan? Kali ini, Anda bisa melakukannya untuk diri sendiri sebagai salah satu cara latihan kreatif. Tidak perlu bingung mencari nama brand yang bisa diubah menjadi logo, gunakan saja nama Anda sendiri. Agar lebih mudah, mulailah dengan menggambarnya di atas sebuah kertas, baru setelah itu diedit menggunakan komputer. Buatlah sebanyak mungkin logo dengan desain berbeda. Siapa tahu salah satu di antaranya dapat menjadi logo personal yang bisa Anda cantumkan pada setiap desain Anda nanti.

2. Bereksperimen dengan Seluruh Filter di Adobe Photoshop


Dari sekain banyak filter yang ada di aplikasi Adobe Photoshop, berapa banyak yang benar-benar pernah Anda gunakan? Dalam latihan kreatif kali ini, Anda bisa bereksperimen mengedit satu foto dengan menggunakan seluruh filter yang ada di Adobe Photoshop. Simpan setiap hasil editan foto dengan nama filter yang Anda gunakan, lalu bandingkan hasilnya. Latihan satu ini akan membantu Anda lebih menyelami penggunaan Adobe Photoshop untuk kemudian diterapkan pada desain-desain selanjutnya.

3. Mendesain Quote Favorit Anda


Quote atau kalimat apa yang Anda jadikan pegangan setiap kali merasa down? Gunakan quote tersebut sebagai bahan latihan kreatif Anda. Ubahlah menjadi suatu karya desain yang menarik perhatian orang. Ada cukup banyak skill desain yang bisa Anda tingkatkan dalam latihan ini, mulai dari memadukan warna background dengan desain hingga mengasah kemampuan tipografi Anda. Agar hasil desain tidak sia-sia, Anda bisa mendesain quote sebagai wallpaper komputer, ponsel, atau background untuk profil media sosial Anda.

4. Gabungkan Dua Foto yang Tidak Berhubungan


Latihan kreatif berarti Anda harus membuka pikiran selebar mungkin agar bisa melakukan hal-hal yang tidak biasanya Anda lakukan sehari-hari. Dalam mendesain, Anda pasti akan menggunakan elemen-elemen yang berhubungan satu sama lain demi menciptakan keharmonisan. Namun, pada latihan kreatif kali ini, justru Anda harus melakukan hal sebaliknya. Pilihlah dua gambar secara acak yang tidak berhubungan. Gabungkan keduanya, misalnya seperti menukar kepala atau background satu sama lain. Aktivitas ini Akan menuntut Anda untuk terus berpikir kreatif hingga kedua foto tersebut dapat terpadu dengan cukup baik.

5. Menulis Tanpa Struktur


Menulis juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk membantu meningkatkan skil desain Anda. Dengan menulis, Anda dapat menemukan hubungan antara kata-kata dan gambar, sekaligus tentunya melatih kemampuan bahasa sehari-hari. Sebagai langkah awal, Anda bisa googling satu gambar dengan obyek apapun, misalnya cokelat. Pilih salah satu gambar dari hasil pencarian Google, lalu tulis sebanyak mungkin kata untuk mendeskripsikan gambar tersebut dalam sepuluh menit. Jika sudah, luangkan waktu untuk merangkai cerita berdasarkan kata-kata yang telah Anda tuliskan.

Sebagai pekerja kreatif, Anda dituntut untuk selalu memiliki ide-ide yang fresh dan mengalir. Sayangnya, hal tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Kelima latihan kreatif di atas dapat membantu mengatasi masalah tersebut sekaligus membantu meningkatkan skill desain Anda. Good luck!