4 Cara Mengenalkan Coffee Shop Baru Milikmu ke Dunia Luar

Setelah di artikel sebelumnya tim Uprint.id telah membagi tips bagaimana caranya mempromosikan kedai kopi milikmu dari dalam toko, kini saatnya kamu mencari tahu bagaimana cara mengenalkan coffee shop baru milikmu dari luar pintu kedaimu. Pasti penasaran kan?

Mengenalkan Coffee Shop Baru dari Luar Pintu Kedai

1. Bagikan sampel dan tunjukkan perbedaan

mengenalkan coffee shop baru lewat sampel

Pilih anggota staf yang paling percaya diri dan positif, lalu minta dia untuk keluar toko dengan nampan berisi cangkir kertas seukuran gelas espresso, dan letakkan di luar bagian depan kedai kopimu di mana mereka dapat menyapa orang yang lewat dengan produk gratis.

Tawarkan contoh produk kopi yang ada di coffee shop baru milikmu, tetapi jangan lupa juga untuk menyertakan beberapa contoh hal yang dapat membedakan kedai kopimu dari kedai kopi lainnya, misal kue bebas lemak, yogurt beku, sirup aneka rasa – apa pun yang cukup berbeda untuk membuat kedai kopimu menjadi pusat perhatian.

Kecuali seseorang sudah mencari kedai kopi pada saat itu, mereka mungkin akan terus berjalan setelah mereka memiliki selera. Jadi, pastikan kamu telah mempersenjatai karyawan yang bersemangat dengan beberapa kartu bisnis, VIP card, atau selebaran sehingga orang-orang yang tertarik dapat segera menuju ke kedai kopimu sesaat setelah membaca penawaran khusus yang ditawarkan.

Baca juga: Jangan Ngaku Pecinta Kopi, Kalau Belum Mendapat Wawasan Mengenai Kopi dari 5 Youtubers Ini!

2. Buat pesan yang akan membuat pejalan kaki terhenti

mengenalkan coffee shop baru lewat pesan

Jika kamu pernah melihat penggalang dana di tempat kerja, kamu pasti tahu bahwa kebanyakan orang tidak suka berhenti di jalan. Bagi sebagian besar seseorang yang membagikan sampel gratis atau selebaran di tengah jalan bisa sangat mengganggu, maka meletakkan A-board atau Tripod banner di trotoar adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang yang lewat.

Ingat saja bahwa kamu hanya memiliki beberapa detik untuk menarik minat seseorang sebelum mereka melanjutkan dan melupakan semua tentang kedai kopi kamu. Itu berarti kamu harus membuat pesan yang:

  • Berisi lelucon ringan dan sesuatu yang tidak terduga sehingga bisa menarik perhatian.
  • Singkat dan mampu membuat mereka menengok ke arah kedai kopimu,  coba dengan menuliskan pesanmu dalam font besar dan unik.
  • Langsung dipahami. Tawaran yang jelas dan sederhana, atau sentimen yang menarik dengan daya tarik utama.

Beberapa kedai kopi akan menggunakan pesan yang dituliskan dengan kapur pada sebuah papan tulis. Saatnya kamu melakukan sesuatu yang anti mainstream dan tinggalkan cara klasik ini. Buatlah poster cetak dengan ukuran A2 atau A1 yang lebih profesional dan mantap untuk membuat orang melirik tanpa berkedip.

Dengan resolusi yang lebih tinggi ini, kamu akan dapat memasukkan beberapa detail yang lebih kecil untuk orang-orang yang memiliki waktu untuk berhenti dan melihat – seperti foto interior kedai kopi kamu, atau daftar harga dari beberapa produk kamu.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan, Ternyata Salah Satunya Memiliki Manfaat Besar

3. Fokus pada area dengan lalu lintas tinggi dengan selebaran berbiaya rendah

mengenalkan coffee shop baru flyer

Tidak setiap bisnis cukup beruntung memiliki tempat di sebelah stasiun kereta atau pusat perbelanjaan. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mengenalkan coffee shop baru milikmu ke dunia luar jika lokasinya terletak cukup jauh dari pusat kota atau keramaian. Percayalah kamu dapat mengalihkan sebagian lalu lintas di pusat kota dan menuju ke arah kedai kopimu dengan sedikit ketekunan.

Cetak beberapa selebaran yang memamerkan penawaran khusus terbaik kamu, bersama dengan beberapa foto kedai kopi dan peta yang jelas ke lokasi kamu. Kemudian temukan bagian mana dari area lokal kamu yang memiliki lalu lintas pejalan kaki tertinggi, dan dapatkan salah satu anggota staf kamu di sana selama satu atau dua jam setiap hari.

Kita dapat memulai semuanya dengan sangat efisien. Kamu dapat memberi tahu orang yang lewat – atau mencetaknya di selebaran kamu, bahwa yang menerima selebaran itu bisa segera datang ke kedai dan dapatkan potongan harga atau promo spesial. Itu bisa berarti espresso gratis, promo beli satu gratis satu kopi, atau sepotong kue gratis ketika mereka membeli kopi dalam gelas ukuran besar.

Bagian yang penting adalah mereka harus membawa selebaran itu kembali kepada kamu untuk mendapatkan diskon. Jadi, kamu mendatangkan pelanggan baru, sekaligus kamu memiliki selebaran yang dapat kamu gunakan lagi keesokan harinya – yang berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untukmencetak yang baru.

Baca juga: Kopi Tidak Sekedar Minuman, Ketahui 3 Filosofi Kopi Berikut yang Akan Membuat Kita Lebih Memahami Arti Kehidupan

4. Bangun relasi dengan tetangga sekitar

mengenalkan coffee shop baru dengan membangun relasi

Jika kamu menginginkan kedai kopi yang kamu rintis bisa bertahan lama, kamu perlu mendapatkan pelanggan reguler. Dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan terlibat langsung dengan masyarakat setempat atau tetangga sekitar kedaimu.

Maka cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan antara lain mengantar beberapa kopi gratis kepada staf toko ritel yang terletak di sebelah kamu, atau menjadi sukarelawan untuk menyediakan minuman di masyarakat setempat kota kamu, pertemuan atau acara khusus. Tentu saja, jangan lupa untuk menyajikan kopi gratis kamu bersama dengan kartu bisnis dan selebaran. Namun penduduk setempat akan tetap menghargai bisnis kamu – bahkan jika mereka tahu itu adalah taktik pemasaran.

Kamu bahkan dapat mengatur beberapa kunjungan bergaya ke kantor-kantor lokal. Cukup telepon beberapa bisnis lokal terlebih dahulu untuk mengatur waktu, lalu lakukan perjalanan singkat ke tempat kerja mereka untuk membagikan beberapa contoh gratis dan beberapa menu. Saat kamu ada di sana membagikan kopi gratis, itu juga waktu yang tepat untuk menawarkan diskon grup kepada manajemen jika mereka mengadakan rapat sarapan rutin di toko kamu.

Sebagian besar bisnis dengan senang hati akan menyambut beberapa perayaan gratis ke tempat kerja mereka, dan karyawan mereka akan merasa berkewajiban untuk membalas budi dengan bermunculan ke kedai kopi kamu untuk memberi kamu mencoba. Dan setelah kamu mendapatkan mereka di pintu, mereka bisa mulai datang kepada kamu selama setiap istirahat makan siang

Jadi apa selanjutnya? Tentu saja waktu terbaik untuk mulai mengenalkan coffee shop baru milikmu ke dunia luar adalah SEKARANG! Ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan pelanggan melalui pintu, dan kamu harus mencoba beberapa metode berbeda sebelum kamu menemukan apa yang paling sesuai dengan pasar dan cara kamu melakukan bisnis.

Tetapi secara umum, ingatlah untuk:

  • Fokus pada bisnis yang berulang – gunakan VIP card, dan targetkan para pejalan kaki serta pembeli lokal.
  • Tangkap orang-orang di depan pintu kamu – tawarkan sampel gratis, dan tinggalkan pesan di trotoar.
  • Bawa area tersibuk ke kedai kopimu – cari stasiun kereta dan supermarket terdekat, bagikan selebaran dengan peta dan petunjuk arah, dan terus lakukan setiap hari.
  • Bergabunglah dengan penduduk setempat – sukarelawan untuk acara komunitas, dan bawalah beberapa barang gratis untuk bisnis di area kamu.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Disantap Saat Kurang Tidur. Justru Bukan Kopi Loh!

Mempromosikan kedai kopi kamu tidak selalu membutuhkan anggaran yang besar, dan ada banyak metode lama yang masih dapat kamu coba. Namun bagaimanapun saat kamu melakukannya, kamu akan memerlukan beberapa cetakan berkualitas tinggi jika kamu ingin mereka mengingat kedai kopimu setelah kamu selesai berbicara – jadi lihatlah beberapa selebaran, kartu, dan poster dari Uprint.id untuk melihat bagaimana kami dapat membantu kamu mengenalkan coffee shop baru milikmu ke dunia luar.

Language »