Society 5.0 pada Rumah pintar (Home Automation)

Rumah Cerdas (Smart Home) adalah aplikasi gabungan antara teknologi dan pelayanan yang dikhususkan pada lingkungan rumah dengan fungsi tertentu yang bertujuan meningkatkan keamanan, efisiensi dan kenyamanan penghuninya. Sistem rumah pintar (smart home) biasanya terdiri dari perangkat monitoring , perangkat kontrol dan otomatis ada beberapa perangkat yang dapat di akses menggunakan komputer (Tri Fajar Yurmama, 2009).

Rumah Pintar (Smart Home) merupakan sebuah aplikasi yang dirancang dengan berbantuan komputer yang akan memberikan kenyamanan, keamanan dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis sesuai dengan kendali pengguna dan terprogram melalui komputer pada gedung atau tempat tinggal kita. Teknologi yang dirancangan untuk rumah pintar ini bertujuan untuk memudahkan pemilik rumah dalam memantau kondisi peralatan elektronik yang terhubung dari gadget yang dimiliki.

Konsep rumah pintar bisa langsung di rasakan dengan bantuan teknologi IoT, mungkin saat ini setiap hari dibangunkan dengan alarm. Bisa saja, tapi teknologi AI alarm apakah dapat mengetahui orang tersebut benar-benar bangun atau masih terlelap dalam tidur? selain itu kosep rumah pintar bisa diaplikasikan pada peralatan elektronik, dengan menghubungkan semua peralatan elektronik dengan IoT dan memprosesnya dengan AI maka rumah terlihat modern.

Sebagai contoh bisa menyalakan lampu teras menggunakan kontrol suara ataupun apabila belum sampai di rumah dan hari mulai gelap sistem AI akan menyalakan lampu teras apabila sudah mejelang malam.

Atau dipagi hari bosan dengan menu sarapan yang biasa buat, bisa meminta saran menu sarapan yang enak langsung dengan perintah suara lalu AI dan IoT memproses data dan memberikan saran sarapan yang terenak.

Atau AI(Kecerdasan Buatan) yang menginformasikan cuaca pada hari ini dan apabila akan hujan saat pulang kerja ataupun sekolah, AI bisa menyarankan membawa payung atau jas hujan.

Society 5.0 pada bidang pengiriman/distribusi ( Drone Delivery)

Drone Delivery

Bayangkan jika ingin belanja online di internet, berapa hari harus menunggu untuk mendapatkan pesanan online tersebut? atau apakah kurir bisa sampai dengan cepat ke rumah pembeli? apabila rumah pembeli berada jauh dari pusat kota ataupun rumah pembeli sulit dijangkau karena berada pada pegunungan? nah dengan teknologi Society 5.0 memungkinkan barang yang di pesan secara online bisa sampai dengan cepat dan tepat sasaran, dengan bantuan teknologi AI dan IoT, sistem AI mengontrol Drone untuk mengirimkan pesanan sampai pada tujuan dengan cepat dan tepat. Drone akan digunakan untuk mengantar dan mengirimkan barang-barang, meninjau properti, dan mendukung pertolongan bencana di sekitar dunia kita. Dengan adanya drone, harapan dan impian akan dihasilkan, membumbung lapangan-lapangan dan gunung-gunung yang berdekatan dengan lingkunganmu.

Saat ini, JD telah memiliki perjanjian dengan pemerintah provinsi Shaanxi untuk membangun logistik drone dataran rendah terbesar di Tiongkok, mencakup radius 300 kilometer, serta perjanjian dengan pemerintah kota Hangcheng untuk menguji pengiriman drone perkotaan dan logistik pintar.

Selain itu, dikembangkan drone melalui kerja sama penelitian dengan Northwestern Polytechnical University, termasuk pengembangan kapasitas drone yang dapat mengangkut beban berat hingga satu ton.

JD juga menjalin kemitraan dengan China West Airport Group untuk membangun pangkalan udara untuk drone di seluruh wilayah China, serta membuat perjanjian dengan Linyou County untuk memodernisasi logistik untuk industri pertanian lokal.

Alat-alat rumah tangga berbasis Artificial Intelligence. Peralatan rumah tangga yang menggunakan teknologi intelijensia buatan sedang dikembangkan dan dijual di seluruh dunia. Kenyamanan akan dilancarkan ketika peralatan-peralatan rumah tangga kita terhubung satu sama lain. Contoh peralatan tersebut adalah kulkas dengan AI dan pengeras suara dengan AI.

Language »