DESAIN GRAFIS

Desain grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Berikut merupakan pendapat dari beberapa tokoh mengenai pengertian desain grafis :

  1. Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
  2.  Menurut Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Secara umum pengertian dari Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Prinsip desain grafis

                  Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam desain lainnya. Unsur-unsur tersebut yaitu :

  1. Garis (Line)

Garis adalah unsur desain yaitu dimulai dengan cara menghubungkan satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

  • Bentuk (Shape)

Shape adalah segala hal yang punya diameter tinggi dan lebar. Seperti : kotak ,lingkaran dan segitiga dll. “polygon” dan di corel draw semuanya ada di “basic Shape”.

  • Tekstur (Texture)

Teksture adalah tampilan permukaan dari suatu benda dinilai dengan cara dilihat atau diraba itu disebut tekstur. Pada prakteknya, tekstur dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, contoh : karpet, baju, kulit kayu, dan lain sebagainya.

  • Ruang (Space)

Ruang adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya. Pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

  • Warna (Color)

Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Colouring haruslah disesuaikan dengan desain yang akan dibuat. Dengan warnalah orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Prakteknya warna dibedakan jadi dua: yang ditimbulkan karena sinar (Additive color) yang contohnya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna berasal dari unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color) yang biasanya digunakan untuk pencetakan gambar ke permukaan benda padat

  • Ukuran (Size)

Ukuran merupakan unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Digunakan untuk memperlihatkan mana objek yang mau tonjolkan atau yang karena dengan unsur ini kita dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

Language »