Youtube

Pada dasarnya Youtube adalah sebuah website untuk berbagi video ataupun menonton video yang dibagikan oleh berbagai pihak. Banyak sekali yang dapat ditemukan di Youtube, mulai dari Vlog keseharian, tutorial, hiburan, trailer film, video klip musik dan masih banyak lagi.

Youtube pertama kali didirikan pada bulan Februari tahun 2005 silam yang bermarkas di San Bruno, California, Amerika Serikat. Foundernya terdiri dari 3 orang cerdas mantan karyawan Paypal yaitu Chad hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Google membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar.

Manfaat Youtube

Berbicara tentang manfaat dari youtube sendiri dapat di lihat dari sisi pengunggah dan penontonnya. Kedua belah pihak bisa saling diuntungkan disini. Berikut penjelasannya :

1. Sumber Informasi

Youtube bisa menjadi sumber informasi bagi kebanyakan orang. Disini dapat di temukan banyak sekali informasi-informasi tentang berbagai hal. Misalnya review sebuah barang, berita yang terlewatkan, infotainment, informasi tempat wisata dan masih banyak lagi. Dengan semakin banyaknya pengguna internet sekarang bisa menjadi sumber informasi yang akurat.

2. Media Promosi

Ini salah satu manfaat youtube yang sangat baik. Youtube bisa menjadi sebuah media promosi bagi yang mempunyai produk yang ingin dipromosikan. Dapat mempromosikan apa saja disini, mulai dari jasa, produk, tempat wisata dan sebagainya. Bahkan trailer film itu juga termasuk promosi lho di youtube.

3. Sumber Penghasilan

Ini adalah manfaat yang sangat populer saat ini. Jika penonton video mendapat apa yang mereka inginkan di youtube, lalu si pengunggah dapat apa? Seperti yang dikatakan diatas bahwa kedua belah pihak pasti mendapatkan manfaat. Si pengunggah video akan mendapatkan penghasilan dari video yang dibuatnya dengan cara mendaftarkan Chanel youtubenya ke Google Adsense.

Setelah didaftarkan nanti video youtube akan tampil banner-banner iklan didalam video. Banner tersebut akan menghasilkan uang jika dilihat oleh banyak penonton. Jadi video hasil karya si pengunggah tidak akan sia-sia. Apalagi mereka yang memang mengedit videonya dengan sangat baik.

Kelebihan dan kekurangan Youtube

Kelebihan

  • Menjadi sumber informasi berbagai pihak
  • Menjadi media promosi yang baik
  • Sumber hiburan yang kaya akan kreatifitas
  • Menjadi sumber penghasilan
  • Berbagi kegiatan dengan live streaming

Kekurangan

  • Masih banyak berita HOAX (berita tidak sesuai dengan sumber). Hal ini memang kerap terjadi di youtube, masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menebar fitnah. Mungkin pihak Youtube bisa memberi tindakan atas hal ini.
  • Masih ada konten-konten yang mungkin tidak pantas dilihat oleh anak-anak dengan kategori 18+. Masih ada video-video yang berbau dewasa yang tidak ada verivikasinya alias bisa langsung diakses siapa saja. Hal ini ditakutkan terbuka oleh anak-anak disengaja maupun tidak.
  • Ada beberapa negara yang memblokir Youtube. Beberapa negara yang memblokir Youtube adalah Cina, Turki, Iran, Korea Utara dan masih ada lagi. Ada berbagai alasan mengapa disana Youtube diblokir, diantaranya adalah poin diatas tentang kevulgaran konten.

Untuk jika ingin memulai dalam dunia youtube banyak hal yang harus diketahui agar konten video tersebut dapat tren, seperti :

  • Ide karya original

Pastikan memiliki ide karya original dan jangan meniru karya orang lain sama saja hal tersebut plagiat dan usahakan ide tersebut unik dan menarik pengguna untuk menontonnya.

  • Konten sesuai kebutuhan

Mempersiapkan konten yang beragam agar hasil karya tersebut dapat membuat inspirasi buat para penonton

  • Ikuti tren

Sebagai seorang YouTuber, sudah seharusnya selalu update dengan perkembangan tren kekinian. Mulai dari jenis video yang dibahas, cara editing, hingga hal-hal yang diminati saat ini. Dengan membuat konten video yang selalu mengikuti tren maka akan menambah jumlah subcribers. Hal yang bisa lalukan untuk menarik jumlah views bisa mengikuti cara membuat video YouTube sendiri dengan kolaborasi bersama teman, selebgram atau bahkan artis.

  • Utamakan nilai positif

Kunci utama kesuksesan sebuah video dapat dilihat dari sisi nilai yang (likes) yang diberikan dari para penonton. Jika nilai bersifat positif dan berguna, para penonton otomatis akan membagikan link video dan komentar yang dituliskan pun juga bernada positif.

  • Gunakan kamera yang berkualitas tinggi

Pada prinsipnya cara membuat video YouTube di HP atau handycam itu memiliki perbedaan terletak pada kualitas video yang dihasilkan. Kamera digital video memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan HP atau webcam.

Nah jika awal mula bingung dalam memulai menjadi youtuber, mulai saja dengan mencoba membuat video tutorial dalam mendesain yang unik , namun bingung dalam desain? Tenang ada solusinya yaitu Vallet. Vallet merupakan aplikasi desain grafis online Indonesia. Di aplikasi tersebut juga telah menyediakan template desain, jadi tidak perlu bingung lagikan? Bisa juga foto tersebut dijadikan background kemudian tinggal edit di aplikasi vallet, tenang vallet juga dapat diakses di website loh, jadi jika memori hp penuh bisa beralih kepada websitenya saja.

Nah mudah bukan? Mulai membuat konten dari hal kecil mungkin dapat bermanfaat untuk para pengguna lainnya seiringnya waktu dapat dikembangkan dalam membuat hal yang lebih bermanfaat lainnya.

Language »