Setelah berpuasa Ramadan selama satu bulan penuh, saatnya menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Bagi kamu yang tidak mudik lebaran, yuk rancang ulang desain interior rumah untuk lebaran.

Saat lebaran, biasanya tamu akan berdatangan ke rumah. Tetangga, kerabat, atau sahabat akan mengunjungi rumah.

Kamu perlu make over rumah supaya terlihat menarik. Hal ini dilakukan tentunya agar tamu merasa nyaman saat bertandang ke rumah.

Saat merancang ulang desain interior rumah, kamu tidak perlu untuk melakukan cat ulang atau memasang wallpaper, membeli perabot baru, atau hal lain yang menguras uang, tenaga, dan waktu.

Kamu hanya perlu melakukan sejumlah hal sederhana. Perubahan kecil bisa mengubah tata ruang dalam rumah sekaligus memperbarui suasana hunian.

Menata Ulang Furnitur

Coba deh untuk menata ulang sofa, kursi, coffee table, stool, lemari, dan lainnya. Jika tidak memungkinkan lantaran keterbatasan ruang, coba untuk mengatur ulang sofa dan kursi.

Atur ulang agar tamu dan penghuni bisa melakukan beragam aktivitas seperti wira wiri, makan dan minum, berbincang, dan lainnya. Bisa jadi ada belasan tamu yang datang sekaligus.

Jangan lupa untuk menyiapkan bangku tambahan. Atau kamu bisa menyediakan karpet atau tikar. Jika tamu adalah keluarga atau teman dekat, tentunya lebih enak duduk beralaskan karpet atau tikar. Ngobrol terasa lebih akrab.

Buat Rumah Menjadi Lebih Bersih

Saat menata ulang perabot rumah, bisa jadi kamu akan menemukan bagian rumah yang tidak sempat dibersihkan. Kamu hanya perlu menyapu dan mengepel.

Jangan lupa untuk membersihkan taman dan halaman rumah. Ketika tamu datang tentunya mereka akan melihat taman depan dan halaman.

Bersihkan juga coffee table, sofa, dan bangku. Jangan lupa untuk menyedot kotoran dan debu pada sofa dengan vacuum cleaner.

Buat Suasana yang Berbeda.

Suasana ruang tamu sudah berubah setelah menata ulang perabot. Saatnya untuk membuatnya jadi lebih berbeda dengan menambahkan bunga atau memperbarui hiasan. Taruh bunga dalam vas untuk diletakkan di coffee table atau meja kecil di samping sofa.

Kalau menaruh toples makanan tentu hal biasa. Coba deh untuk mempercantik toples dengan hiasan pita atau lainnya.

Nah, sederetan tips ini tidak memerlukan biaya besar bukan? Lakukan segera agar suasana lebaran di rumah menjadi berbeda.

Desain Semenarik Mungkin

Bentuknya sederhana berupa segitiga pada bagian atas dan persegi pada bagian bawah. Gambar sederhana ini memberikan inspirasi bagi Felipe Saraiva yang merupakan founder dari biro arsitek Filipe Saraiva Arquitectos.

“Ketika kita bertanya kepada seorang anak kecil di mana pun di dunia ini untuk menggambar sebuah rumah, mereka akan memberikan gambaran sederhana yang terdiri dari lima garis, segitiga dan dua kotak,” ujar Saraiva seperti dilansir oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Arsitek asal Portugal ini membuat desain ini untuk rumah tinggalnya di Ourem, Portugal. Ourem merupakan kota kecil dengan penduduk hanya 45.000 jiwa.

Saraiva mendesain rumah tinggalnya dengan memilih panel beton berwarna hitam untuk bagian eksterior. Tinggi rumah ini mencapai 4,5 meter dari lantai hingga atap.

Desain rumah yang sederhana serta fasad hitam ini menjadikan rumah Saraiva yang berada di pedesaan terlihat berbeda. Apalagi di sekitar rumah, masih ada halaman dan kebun.

Bagian dalam rumah didesain memiliki lantai mezzanine. Berbeda dengan bagian eksterior yang bercat hitam, Saraiva mengaplikasikan cat putih pada seluruh interior ruangan.

Bagian depan dan belakang rumah dipasangi jendela kaca berukuran besar. Ukurannya menutupi seluruh bagian mulai dari lantai hingga atap.

Language »