DESAIN KARTU NAMA

                Kartu nama merupakan identitas perusahaan yang sangat penting karena isi dari kartu nama akan menjelaskan semua identitas yang dimiliki, antara lain nama perusahaan, pemilik, nomor handphone yang bias dihubungi, alamat email, lokasi perusahaan, dan alamat website, ukuran standar: 9 cm x 5,5 cm, ukuran lebih kecil: 8 cm x 5cm; 9 cm x 4 cm kemudian ada pula media yang bias digunakan yaitu amplop dan kop surat dimana kop surat ini dijadikan identitas perusahaan untuk mengenalkan atau mempromosikan kepada masyarakat luas dan dapat berinteraksi langsung kepada audience. Oleh sebab itu visual yang dibuat harus mampu berkomunikasi secara personal karena menyangkut identitas perusahaan.

Di era saat ini kartu nama semakin dimanfaatkan beragam. Kini fungsi kartu bukan hanya sekedar sebagai media iklan, namun telah memiliki fungsi lebih. Berikut adalah diantaranya.

Presentasi Profil Dari Perusahaan

Ini akan memudahkan rekan bisnis dalam mencari informasi terkait nama, baik nama individu ataupun nama perusahaan secara lengkap. Dengan hanya melongok kartu nama ini, maka segala informasi alamat lengkap seperti kontak e-mail, website, nomor ponsel, jenis produk jasa dan sebagainya langsung bisa didapat.

Sebagai Alat Promosi Dan Pemasaran

Fungsi kartu nama dalam hal ini adalah menjadi media promosi cetak saat ada sebuah acara pertemuan para pebisnis dalam skala besar. Maka seseorang bisa giat memberikan kartu nama pada rekan bisnis baru dengan harapan bisa mendapat peluang kerja sama dan juga kesuksesan.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum membuat desain kartu nama
1. Tentukan dahulu untuk siapa atau apa kartu nama itu di buat, misalnya jika yang memesan itu adalah pihak pendidikan maka kita bisa memberikan warna dominant warna biru atau bahkan ada permintaan warna dominan khusus.
2. Catatlah semua informasi yang akan di masukkan ke dalam desain kartu nama sehingga dalam proses desain nanti tidak ada informasi yang kurang atau belum di masukkan.
3. Buatlah konsep atau model desain lebih dari 1 (satu) sehingga dalam proses desain nanti kita dapat membuat beberapa variasi desain sehingga pemesan kartu nama dapat dengan mudah memilih desain mana yang paling di sukai atau menarik.
4. Cari inspirasi desain lewat internet atau media cetak yang sudah ada untuk mengawali konsep desain kartu nama yang akan kita buat.
5. Konfirmasikan setiap desain kartu nama yang sudah jadi dan siap cetak kepada pemesan kartu nama sebelum kita menyelesaikan desain kartu nama.

Elemen-elemen kartu nama

  1. Logo yang menarik
  2. Pemilihan warna
  3. Jenis huruf
  4. Layout
  5. Jenis kertas yang digunakan
  6. Teknik Cetak
  7. Semua unsur desain tersebut harus seimbang, menyatu, tidak monoton, mudah dibaca, informatif, dan mampu merefleksikan citra perusahaan.

Berikut hal yang perlu diperhatikan:

  1. Kontras
  2. Menempatkan teks hitam atau warna gelap di atas background warna terang.
  3. Huruf juga dibuat kontras dengan memadukan huruf ekstra tebal dan huruf tipis.
  4. Repetisi
  5. Penataan elemen-elemen visual secara berulang-ulang misalnya dengan penggunaan warna, bidang, huruf, ukuran, tekstur, dan image yang sama secara berulang.
  6. Hindari penggunaan huruf dan warna yang terlalu banyak bervariasi.
  7. Penjajaran
  8. Penataan unsur-unsur grafis dengan cara diluruskan agar tampak rapi dan menyenangkan.
  9. Penjajaran teks dapat dibuat rata kiri, rata kanan, dan simetris.
  10. Proximity
  11. Elemen-elemen grafis disusun dengan memperhitungkan kedekatan hubungan
  12. Misalnya, nama pemilik kartu nama dan jabatanya disusun berdekatan karena kedua elemen merupakan unit informasi.
  13. Demikian pula alamat pos, email, nomor fax, dll, semuanya harus dikelompokkan menjadi satu kesatuan.

CONTOH DESAIN KARTU NAMA

  1. Desain kartu nama pribadi

                2. Desain kartu nama perusahaan    

                      

Language »