506177624

Bisnis online sangat bergantung pada strategi pemasaran yang digunakan untuk bisa memperoleh keuntungan. Salah satu yang paling populer adalah strategi pemasaran melalui media sosial.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social – perusahaan media asal Inggris, yang bekerja sama dengan Hootsuite, ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial, dengan rata-rata durasi penggunaan mencapai 3 jam 23 menit setiap harinya.

Jumlah penduduk Indonesia pada Januari 2018 tercatat mencapai 265,4 juta jiwa dengan tingkat penetrasi penggunaan internet mencapai 132,7 juta jiwa. Ini artinya, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 49% dari jumlah total populasi.

Platform media sosial yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia, di antaranya YouTube 43%, Facebook 41%, WhatsApp 40%, Instagram 38%, Line 33%, BBM 28%, Twitter 27%, Google+ 25%, FB Messenger 24%, LinkedIn 16%, Skype 15%, dan WeChat 14%.

Berdasarkan data di atas, media sosial bisa dikatakan menyimpan potensi yang sangat besar untuk kesuksesan bisnis online apabila dapat dimanfaatkan dengan baik. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan terjun begitu saja ke dalam dunia social media marketing tanpa adanya persiapan yang memadai.

Ada banyak faktor yang harus Anda perhatikan sebelum terjun dalam social media marketing, salah satu yang terpenting adalah pengelolaan media sosial. Berikut pembahasannya:

Tips Pengelolaan Media Sosial Bisnis Online

Bentuklah Tim Pengelola Khusus

Akan sangat sulit apabila media sosial bisnis online hanya dikelola oleh satu orang saja. Tim pengelola dibutuhkan agar interaksi dengan konsumen dapat berjalan dengan lancar. Seperti kita ketahui, bahwa interaksi yang berjalan dengan baik dapat mengikat dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Anda bisa menerapkan sistem rotasi atau pergantian shift untuk durasi tertentu. Anda hanya perlu menyediakan guideline dan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk dijadikan pedoman bagi tim Anda dalam bekerja. Dengan adanya tim khusus, pengelolaan media sosial akan lebih ringan, sehingga bisnis online Anda selalu aktif dan responsif dalam berinteraksi dengan konsumen.

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online, dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sedikit. Pastikan semua anggota tim berkomitmen untuk menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas.

Tentukan Tujuan

Dalam bisnis online, Anda perlu menentukan target dan tujuan yang jelas dan dapat terukur. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Buatlah target dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Media sosial memiliki perubahan yang dinamis dan cepat, sehingga Anda juga harus bisa menyesuaikan diri dengan tren yang sedang terjadi. Buatlah berbagai rencana antisipatif terhadap segala situasi dan kondisi yang mungkin terjadi.

Buat Jadwal Konten

Buatlah jadwal konten yang akan dipublikasikan secara mendetail serta dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap bulan. Anda harus merinci konten apa saja yang harus diterbitkan, kapan waktu postingnya, dan lain sebagainya.

Melakukan promosi memang penting, tetapi jangan terlalu sering. Jika terlalu sering dapat membuat calon konsumen justru meninggalkan produk Anda karena kesal ataupun bosan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah tempatkan posisi Anda sebagai konsumen, sehingga dapat memahami kondisi seperti apa yang sedang dialami oleh konsumen.

Konten yang Segar

Pengelolaan media sosial bisnis online dituntut untuk selalu kreatif, dan dapat menampilkan konten yang segar agar bisa menarik perhatian pengguna media sosial. Konten yang tersebar di media sosial jumlahnya sangat banyak, oleh karena itu Anda harus bisa menghasilkan konten yang mampu mencuri perhatian.

Demikian pembahasan mengenai cara efektif mengelola media sosial dalam bisnis online. Selain pengelolaan media sosial, Anda juga harus mengatur keuangan dengan baik agar bisnis online Anda semakin berkembang. Xendit menyediakan sistem dan teknologi untuk menerima pembayaran online dengan berbagai metode dan dari berbagai bank. Banyak fitur-fitur menarik yang dapat bermanfaat untuk bisnis Anda.

sumber : blog.xendit.co

Language »