Meraih prestasi memang bukanlah perkara yang mudah. Untuk menjadi seseorang yang berprestasi dibutuhkan keyakinan, kerja keras bahkan pengorbanan. Di bidang apapun itu, baik dalam sekolah, pekerjaan ataupun menjadi ibu rumah tangga. Intinya jangan setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Tekuni, maka Kamu akan memperoleh hasil yang memusakan.

Nah, di bawah ini beberapa tips dan trik untuk meraih prestasi dalam kehidupan. Simak yuk!

1. Carilah Sebuah Motivasi

Motivasi adalah salah satu komponen penting dalam meraih prestasi. Dengan adanya motivasi, biasanya seseorang akan semakin gigih untuk meraih impiannya. Bahkan di saat down sekalipun, motivasi bisa menjadi angin segar pembangkit semangat. Motivasi sendiri ada banyak macamnya dan bisa diperoleh dari manapun. Misalnya saja dengan membaca qoutes atau kitab suci. Selain itu, perhatian dari orang-orang terdekat juga bisa menjadi motivasi untuk diri kita.

2. Komitmen yang kuat

Motivasi memang penting, tapi komitmen jauh lebih penting! Sekedar memotivasi saja tidak akan membuatmu mampu bertahan melewati segala lika-liku kehidupan. Kamu perlu komitmen yang kuat. Misalnya Kamu ingin memperoleh nilai bagus dan ranking satu, maka buatlah komitmen bahwa Kamu akan belajar setidaknya 5 jam dalam sehari. Kamu harus mempertahankan komitmen tersebut, dengan begitu prestasi akan mudah diraih.

3. Fokus Pada Proses, Bukan Hasil

Tidak ada yang menjamin bahwa apa yang kita usahakan pasti berbuah manis. Hasil itu bagaikan ramalan cuaca, kadang cerah dan seketika menjadi mendung. Tak ada seorangpun yang tahu. Maka itu, cobalah untuk tidak terlalu fokus pada hasil. Namun tekunlah dalam melewati prosesnya.

Dengan melewati sebuah proses, Kamu bisa menemukan hal-hal baru, bereksperimen dan mengeksplorasi kemampuanmu. Nantinya walaupun hasil yang kamu peroleh tidak sesuai harapan, setidaknya Kamu sudah mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu.

4. Singkirkan Ragu

Jika Kamu ingin meraih prestasi dalam hidup ini, maka singkirkan perasaan ragu terlebih dahulu. Ragu-ragu hanya akan membuat pikiranmu stuck di satu hal saja. Cobalah bersikap berani, keluar dari zona nyaman dan hilangkan ketakutan. Jika Kamu tidak mencobanya maka selamanya Kamu akan berada dalam keragu-raguan. So, just try to be brave!

5. Nikmati!

Tidak ada proses yang menyenangkan untuk mencapai kesuksesan. Jika Kamu ingin pintar, Kamu harus belajar dengan giat. Jika ingin kaya, Kamu harus bekerja keras. Intinya semua butuh pengorbanan yang tidak mudah. Dan hal inilah yang terkadang membuat seseorang menyerah.

Karena prosesnya sulit maka Kamu jadi menyerah dan mengatakan bahwa impianmu mustahil. Berhentilan jadi pesimis! Sesulit apapun itu prosesnya, cobalah untuk menikmatinya. Dengan begitu sesuatu yang sulit akan terlihat jauh lebih mudah.

6. Bermain Dengan Imajinasimu

Logika saja tidak cukup bagimu untuk menjadi seseorang yang spesial (dalam artian berprestasi). Sesekali Kamu juga perlu memanfaatkan daya imajinasi. Biasanya seseorang yang pandai berimajinasi dapat dengan mudah menciptakan ide-ide unik, inovatif serta kreatif.

Tapi, imajinasi tentu tak mudah untuk didapatkan. Apalagi jika Kamu sedang berada dalam kondisi stres dan despresi. Maka itu, cobalah meluangkan waktu untuk pergi berlibur. Menikmati udara di pantai yang sejuk atau melihat pemandangan bunga-bunga nan indah. Darisanalah imajinasi pasti akan muncul.

7. Jangan Bergantung Pada Orang Lain

Okay, sebagai makhluk sosial kita memang membutuhkan orang lain. Namun bukan berarti Kamu harus selalu bergantung dengan mereka. Pahamilah, semua manusia punya kepentingan masing-masing dan kamu tidak boleh berharap terhadap mereka terlalu besar, karena itu pasti akan mengecewakan.

Berharaplah hanya kepada Tuhan. Kemudian lakukan apa yang bisa Kamu lakukan. Cobalah untuk bersikap mandiri. Dengan demikian, Kamu akan mudah untuk bertahan bahkan di situasi tersulit sekalipun.

8. Berhenti Memanjakan Diri Berlebihan

Tidak ada sesuatu yang bisa diperoleh tanpa pengorbanan. Jadi jika Kamu ingin sukses dan berprestasi, maka Kamu juga harus bekorban. Paksakan dirimu untuk menjadi sosok yang kuat dan tidak mudah menyerah. Jangan terlalu memanjakan diri sendiri. Percayalah, jika Kamu telah bekerja keras hasilnya pasti juga akan memuaskan. Karena sesungguhnya dibalik kesulitan itu selalu ada kemudahan.

9. Jangan Menunggu Waktu yang Tepat

Seringkali kita menunda untuk melakukan sesuatu dengan alasan “menunggu saat yang tepat”. Dan alasan itu akan berlanjut hingga pada akhirnya tanpa sadar kita telah kehilangan waktu serta kesempatan.

Guys, pahamilah bahwa tidak akan ada “waktu tepat” jika kita tidak mencoba. Berhentilah mencari-cari alasan hanya karena Kamu takut. Apabila Kamu benar-benar menginginkan sesuatu maka mulailah dari sekarang. Bukan besok ataupun besok lusa.

10. Singkirkan Segala Gangguan

Jalan yang harus kita lewati untuk meraih prestasi memang tidaklah mudah. Akan ada banyak kerikil, batu, lika-liku dan gangguan lainnya yang akan terus menghadang. Lalu apa yang harus kita lakukan? Tentu saja menyingkirkan segala gangguan tersebut.

Ingat, fokuslah pada tujuanmu! Bila ada orang yang mematahkan semangatmu jangan didengarkan. Bila ada orang yang mengajakmu untuk berhura-hura maka tolaklah. Sikap malas juga harus dijauhkan. Kamu hanya perlu fokus di tujuan!

11. Buatlah Rencana

Segala macam hal yang terorganisir dan terencana pasti akan berjalan lebih baik. Maka itu, rencanakanlah semua tujuan hidup secara rinci. Tulis step-step (atau target-target) yang ingin Kamu capai di buku catatan harianmu.

Jika satu-persatu target sudah terlaksana maka tinjau kembali tulisanmu, apakah semua sudah berjalan lancar sesuai rencana ataukah belum. Jika ada yang tidak sesuai atau terlalu sulit untuk dilakukan, Kamu bisa merivisinya kembali.

12. Hindari Kelelahan

Di saat semangat Kita untuk bekerja sudah menggebu-gebu, terkadang Kita jadi lupa waktu dan mengabaikan kesehatan diri. Well, hal ini tentu tidaklah baik. Bekerja keras memang penting tapi bukan berarti kesehatan harus dikorbankan. Kamu juga membutuhkan rileksasi otak. Butuh istirahat dan butuh asupan makanan bergizi. Maka itu, batasi kesibukanmu. Jangan sampai Kamu terjatuh sakit karena itu akan berisiko pada kegagalan.

13. Berpikir Besar

Tidak ada hal yang terlalu sulit untuk dicapai. Tidak ada sesuatu yang mustahil jika Kita mau berusaha. Maka itu, jangan isi pikiranmu dengan hal-hal menyedihkan yang berpotensi menimbukan sikap putus asa. Cobalah untuk berpikir besar. Dengan berpikiran terbuka dan jauh melebihi orang-orang lain maka Kamu bisa menjadi sosok yang berprestasi gemilang.

14. Jangan Takut Gagal

Seperti kata pepatah “kegagalan bukanlah akhir dari dunia”. Di saat kita melakukan sesuatu dan ternyata hasilnya tak sesuai harapan, maka katakan pada dirimu “Its okay! We can try it again“. Tidak apa-apa karena memang tak ada orang yang sukses dengan sekali jalan. Jika Kita mampu memahami, sebenarnya kegagalan hanyalah sebuah kesempatan bagi Kita untuk memulai lagi. Ya, memulai dengan cara yang lebih baik dan cerdas.

15. Pertahankan Apa yang Sudah Kamu Perjuangkan

Prestasi bukan tentang apa yang kita peroleh, tapi sejauh mana kita dapat mempertahankan sesuatu yang telah kita perjuangkan tersebut. Kamu mungkin dapat dengan mudah memperoleh ranking satu. Tapi dapatkah Kamu mempertahankannya hingga 3 tahun berturut-turut? Hmm, tentunya butuh usaha ekstra, kan? Mempertahan memang sulit. Ada saat dimana kita menjadi lelah dan memilih melepaskan. Dan dikala hal itu terjadi, cobalah berpikir ulang “Sejauh mana Kamu telah berjuang? Dan apakah pantas perjuangan itu disia-siakan?”

Language »