Sistem pembayaran (SP) adalah sistem yang berkaitan dengan pemindahan uang dari suatu pihak ke pihak lain. Media yang digunakan untuk pemindahan nilai uang tersebut sangat beragam, mulai dari penggunaan alat pembayaran yang sederhana sampai pada penggunaan sistem yang kompleks. Berbagai lembaga terlibat dalam penyelengaraan sistem pembayaran, mulai dari bank, lembaga keuangan selain bank, lembaga bukan bank penyelenggara transfer dana bahkan juga bank sentral, masing masing melaksankan perannya sendiri-sendiri. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang pesat, pola dan sistem pembayaran terus mengalami perubahan. Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peran uang tunai sebagai alat pembayaran kedalam bentuk pembayaran non tunai yang lebih efisien dan ekonomis. Pembayaran non tunai ini telah menjadi sedemikian canggih, tidak lagi berbasis kertas (paper based) melainkan telah berevolusi kebentuk-bentuk alat pembayaran elektronik (paperless). Sudah barang tentu alat pembayaran yang paperless membutuhkan infrastruktur teknologi tinggi.

Perkembangan sistem pembayaran non tunai diawali dengan instrument pembayaran yang bersifat paper based seperti cek, bilyet giro, dan warkat lainnya. Sejak perbankan mendorong pengunaan sistem elektronik serta pengunaan alat pembayaran menggunakan kartu dengan segala bentuknya, berangsur-angsur pertumbuhan penggunaan alat pembayaran yang paper based semakin menurun, apalagi sejak sistem elektronik, seperti transfer dan sistem kliring mulai banyak digunakan. Selanjutnya berkembang instrument pembayaran yang berbasis kartu (card based) sejalan dengan perkembangan teknologi. Saat ini, instrument pembayaran berbasiskan kartu yang telah berkembang dengan berbagai variannya, mulai dari kartu kredit, kartu ATM, kartu debit dan berbagai jenis uang elektronik (Pohan, 2011).

Perkembangan sistem pembayaran non tunai di tanah air sebagaimana telah diuangkapkan diatas, secara teoritis dan empiris tidak terlepas dari perkembangan kegiatan perekonomian yang menghendaki efektifitas dan efisiensi yang tinggi serta kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi informasi yang pesat memungkinkan munculnya berbagai instrument pembayaran yang inovatif, aman,efisien dan mudah digunakan masyarakat. Selain itu, konvergensi antar berbagai industri seperti perbankan, telekomunikasi dan transportasi memungkinkan adanya keterkaitan antara ketiga industri tersebut. Alat Pembayaran menggunakan Kartu (APMK), yang meliputi kartu ATM, kartu ATM/debit, dan kartu kredit, selama tahun 2015 menunjukan perkembangan positif. Instrument APMK yang beredar di masyarakat meningkat 12.5% menjadi 137,1 juta instrument dari sebelumnya 121,9 juta instrument. Volume transaksi APMK pada tahun 2015 mencapai 4,9 miliar transaksi dengan nilai Rp. 5,2 ribu triliun. Perkembangan transaksi APMK sebagian besar disumbang oleh transaksi kartu ATM dan kartu ATM/debit berkat semakin banyaknya pemanfaatan mesin ATM dan EDC. Sampai dengan akhir tahun 2015, terdapat sekitar 99,9 ribu unit mesin ATM dan satu juta unit mesin EDC, meningkat masing-masing sebesar 10,19 dan 19,29 dibandingkan tahun 2014 sebanyak 90,7 ribu unit mesin ATM dan 842,6 ribu mesin EDC (Laporan Tahunan Bank Indonesia 2015).

Peningkatan volume dan nilai transaksi juga terjadi pada instrument uang elektronik. Pada tahun 2015, volume transaksi uang elektronik meningkat 163,35% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 203,4 ribu transaksi menjadi 536,6 ribu transaksi. Peningkatan transaksi uang elektronik juga diiringi dengan peningkatan nilai transaksi. Pada tahun 2015, nilai transaksi uang elektronik meningkat 59,15% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp. 3,3 triliun menjadi Rp. 5,3 triliun (Laporan Tahunan Bank Indonesia, 2015).

Manfaat Gunakan Transaksi Non Tunai Ketimbang Uang Tunai Saat Liburan

  1. Meminimalkan Kerugian Akibat Kehilangan
  2. Menghindari Aksi Kejahatan
  3. Simpan Uang Tak Lagi Perlu Dompet Kalau Ada E-Wallet
  4. Rasakan Kepraktisan dengan Gunakan Cashless
  5. Hemat Uang dengan Memanfaatkan Promo Cashless


Language »