Not All About

Hotel adalah perusahaan atau badan usaha yang memberikan layanan penginapan berupa kamar yang biasanya lengkap dengan fasilitas makan dan minum serta fasilitas umum lainnya.

Pengertian Hotel menurut para ahli

1. Menurut Agus sulastiyono

Drs. Agus Sulastiyono, M.Si di dalam bukunya yang berjudul “Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel” dalam seri “Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi” yang terbit tahun 2006 di halaman 5 memberikan definisi secara lengkap apa itu hotel.

Adapun pengertian hotel menurut Agus Sulastiyono adalah sebagai berikut:

“Hotel adalah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan menginap untuk orang-orang yang melakukan perjalanan. Dikelola oleh pemilik atau ownernya dengan layanan tempat tidur beserta fasilitasnya makanan dan minuman serta fasilitas lengkap lainnya. Untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh pemilik hotel menurut sulastiyono, seseorang harus membayar dengan tarif atau harga yang sudah ditentukan”.

2. Menurut Richard Sihite

Adapun pengertian hotel menurut Richard Sihite adalah sebagai berikut:

“Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta memperoleh makanan dan minuman”.

Berikut 5 keuntungan booking hotel via Online Travel Agent

1. Kapan pun dan di mana pun bisa booking

Namanya saja pemesanan berbasis online, tentu saja Anda bisa melakukan pemesanan dari mana saja selama perangkat dan jaringan internet memadai. Perangkat yang diperlukan pun semakin memudahkan konsumen. Jika sebelumnya Anda harus bergantung pada laptop atau komputer saat ingin terhubung dengan internet, sekarang Anda bisa dengan mudah mengakses lewat smartphone.

Salah satu aplikasi pemesanan hotel yang bisa Anda install di smartphone adalah Travel Apps. Anda bisa melakukan pencarian sampai dengan memilih metode pembayaran dengan cara yang sangat mudah. Yang lebih menarik lagi, Anda tidak perlu mencetak voucher hotel. Cukup tunjukkan saja e-voucher dari Traveloka App saat check-in, dan Anda sudah bisa masuk ke kamar.

2. Segudang promo yang bisa menyelamatkan dompet Anda

Menjamurnya bisnis Online Travel Agent ini membuat persaingan pun semakin ketat. Persaingan ini memberi keuntungan tersendiri bagi konsumen karena artinya, OTA akan berebut perhatian konsumen dengan memberikan banyak promo menarik.

Saat-saat terbaik untuk mendapatkan promo adalah pada waktu high season seperti Lebaran, Natal, Imlek, dan liburan sekolah. Pada saat tersebut, hampir semua OTA akan membanjiri konsumennya dengan berbagai promo menarik, mulai dari diskon spesial, cicilan 0%, sampai kontes berhadiah menginap di hotel mewah.

Agar tak ketinggalan informasi penting ini, Anda harus rajin mengikuti jejaring sosial atau berlangganan newsletter OTA. Selain itu, mengikuti jejaring sosial bank tempat Anda menjadi nasabah juga bisa menjadi pilihan karena informasi tentang promo ini seringkali disampaikan oleh bank yang bekerja sama dengan OTA terkait.

3. Review dari tamu sebelumnya sangat membantu Anda saat hendak memilih hotel

Tak sedikit traveler yang merasa kecewa karena hotel tempatnya menginap ternyata jauh dari harapan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih pesan kamar melalui Online Travel Agent. Umumnya, OTA akan menampilkan review tamu sebelumnya, sehingga Anda memiliki bahan pertimbangan sebelum memilih hotel.

Traveloka merupakan salah satu Online Travel Agent yang menyediakan tampilan review untuk membantu konsumen memilih hotel yang sesuai kebutuhan. Untuk memudahkan penilaian, Anda bisa menggunakan fitur “Sortir” dan pilih kategori “Rating”. Dengan demikian, hasil pencarian Anda akan diurutkan mulai dari hotel dengan rating rendah.

Language »