Adobe Photoshop adalah software yang sering digunakan untuk melakukan editing gambar. Meskipun Adobe Photoshop menyediakan peralatan lengkap sebagai starter pack melakukan editing namun tidak semua orang dapat mengakses. Hal ini disebabkan oleh ketika akan menggunakan Photoshop seperti tidak kompatibelnya spesifikasi laptop. Bila dipaksakan maka membuat laptop menjadi lambat dan menimbulkan error. Maka dari itu, banyak orang berusaha untuk mencari cara mudah melakukan editing gambar tanpa harus berkutat dengan Photoshop. Tidak hanya sekadar melakukan editing gambar namun lebih spesifik lagi yaitu membuat poster. Kini kebutuhan untuk membuat poster sendiri semakin meningkat karena efisiensi waktu dan uang. Bagi kamu yang tidak bisa menggunakan photoshop karena kerumitan sekaligus tidak kompatibelnya laptop maka cobalah beberapa aplikasi berikut ini!

  • Vallet

Vallet, merupakan perusahaan rintisan (start up) karya anak bangsa yang menyediakan produk aplikasi desain grafis pertama di Indonesia dan dapat dioperasikan secara online, tentunya berbasis website. Selain itu, Vallet juga menawarkan privilege bagi user-user yang terdaftar, yaitu adanya privilege gratis alias gak berbayar selama menggunakan platform Vallet dengan berbagai pilihan template dan desain lainnya. Hmm.. Menarik kan?

Eits, gak cuma itu. Vallet juga punya keunikan tersendiri, yaitu menyediakan pelatihan offline buat kamu yang punya interest dalam bidang desain grafis, tentunya akan dibimbing oleh para pelatih yang profesional. Desain grafis itu seni dan berkaitan dengan taste setiap orang. Bisa dikatakan belajar desain grafis itu ‘susah-susah gampang’ dengan segala macam alat yang ada. Tapi, berbeda dengan Vallet, karena Vallet paham betul kultur masyarakat Indonesia dan menyediakan platform yang di-setting dengan desain user interface yang baik, sehingga memudahkan para penggunanya untuk betah berlama-lama di laman Vallet. Hal ini bertujuan agar para pengguna Vallet mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika mengunjungi dan menggunakan platform Vallet.

  • Canva

Aplikasi yang bermula dibuat dalam bentuk website ini beberapa waktu lalu telah hadir di Android. Bila sebelumnya, pihak Canva merilis versi OS untuk Apple namun kini bahkan pengguna Android juga dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memberikan template yang mudah untuk membuat poster sehingga para pengguna tinggal meletakkan gambar dan tulisan. Selain itu, desain yang tersedia juga sangat menarik dan kekinian. Beberapa desain memang dibanderol harga namun banyak sekali desain gratis yang dapat dipilih.

  • Over

Aplikasi yang baru tersedia hanya di Apple ini serupa dengan Canva yaitu menyediakan template untuk membuat desain poster. Bermacam macamnya fonts menambah nilai tambah tersendiri bagi aplikasi ini dibandingkan dengan Canva. Selain itu, aplikasi ini menyediakan peralatan untuk blending dan masking yang tidak terlalu ditonjolkan di Canva. Namun kekurangannya hanya tersedia di Apple tidak pada Android.

  • Desygner

Aplikasi Desygner ini tersedia di Android maupun OS milik Apple yang menyediakan template dari desainer profesional untuk membuat banners, poster, undangan, kartu bisnis, dan sebagainya. Aplikasi ini juga menyediakan desain gratis tanpa harus membayar seperti Over dan Canva. Namun, bila kamu menginginkan desain premium dengan fonts dan gambar terbaik maka lakukan pembayaran tertentu.

  • Poster Maker

Untuk di Android sendiri, nama aplikasi ini cukup panjang yaitu Poster Maker-Poster Design, Flyer Maker, & Ad Design. Sedangkan untuk di App Store milik Apple bernama Poster Maker: Flyer Creator. Aplikasi ini lebih sederhana daripada ketiga aplikasi sebelumnya dengan menyediakan template, background, sekaligus fonts biasa. Namun, bagi kamu yang tidak ingin terlalu rumit maka dapat menggunakan Poster Maker ini!

Language »