Tiket adalah suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang berisi rute, tanggal, harga,data penumpang yang digunakan untuk melakukan suatu perjalanan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Wisata adalah bepergian secara bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lain-lain. Selain itu juga dapat diartikan sebagai bertamasya atau piknik.

Menurut Wikipedia, pengertian pariwisata adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan dengan tujuan liburan atau rekreasi.

Menurut Undang-Undang, pariwisata adalah segala macam kegiatan wisata yang dilayani oleh pemerintah, masyarakat, atau pengusaha beserta dengan fasilitasnya.

Menurut Robert McIntosh, pengertian pariwisata adalah gabungan dari interaksi antara pemerintah selaku tuan rumah pariwisata, bisnis, dan wisatawan.

Menurut Richard Sihite, pengertian pariwisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek atau sementara dengan tujuan selain mencari nafkah.

Kata pariwisata yang berasal dari bahasa Sansekerta, terdiri dari 2 bagian yaitu “pari” dan “wisata”. Kata “pari” memiliki pengertian bersama, atau berkeliling, sedangkan kata “wisata” memiliki pengertian perjalanan. Bila digabungkan, pariwisata memiliki pengertian melakukan kegiatan perjalanan berkeliling meninggalkan tempat awal, menuju ke tempat yang lain.

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin pesat dan menjadi sarana yang sangat di butuhkan oleh perusahaan ataupun organisasi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat. Suatu informasi diharapkan dapat membantu suatu pekerjaan dan juga mempermudah serta mempercepat suatu pekerjaan dalam pengerjaan nya.Informasi yang didapatkan oleh organisasi atau perusahaan bertujuaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan atau organisasi yang dimiliki, agar bisa bersaing dengan perusahaan atau organisasi lain nya. Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang perusahaan di tuntut untuk mengikuti teknologi informasi dalam hal membantu kinerja pegawai dalam pengerjaan tugasnya. Dengan teknologi informasi pengerjaan tugas pun akan semakin cepat dan efisien untuk di selesaikan

Penjualan tiket pintu gerbang dan wahana wisata menjadi penggerak utama bagi peningkatan pendapatan pada sektor rekreasi (Salim:2014). Tiket merupakan sebuah alat bukti pembayaran untuk dapat memasuki taman rekreasi. Sehingga tidak heran apabila suatu taman rekreasi memberlakukan beberapa macam tiket pilihan bagi pengunjung sebagai daya tarik pengunjung untuk menikmati wahana yang ditawarkan. Mengingat sumber pendapatan taman rekreasi sebagian besar didapatkan dari penjualan tiket, sudah seharusnya penjualan tiket menjadi perhatian lebih taman rekreasi. Sehingga diperlukan suatu pengendalian internal terhadap penjualan tiket pada taman rekreasi, agar dalam kegiatan penjualan tiket dapat berjalan secara efektif sehingga tercapainya tujuan perusahaan dan mengurangi resiko yang akan dihadapi perusahaan.

Manfaat Wisata

Selain menghilangkan penat, berlibur dan bersenang-senang, wisata juga memiliki manfaat lainnya, antara lain dapat menambahkan kesempatan usaha bagi para penduduk ataupun masyarakat yang tinggal di sekitar area objek wisata. Dapat meningkatkan perolehan kesejahteraan penduduk karena menyerap tenaga masyarakan yang berada di sekitar tempat wisata. Selain itu, manfaat lainnya lagi dari wisata adalah dengan terpeliharanya kebudayaan dan lestarinya lingkungan hidup. Masyarakat diharapkan akan selalu menjaga kelestarian dari objek wisata itu sendiri.

Tipe -Tipe Wisata

Tidak hanya memiliki manfaat, wisata juga memiliki tipe-tipe para wisatawan yang dapat dikategorikan beberapa kategori sebagai berikut:

– Wisata petualang
– Wisata dengan minat khusus
– Wisata banyak minat
– Wisata backpacker

Language »