Bisnis jasa editing foto untuk kado ulang tahun, atau kado wisuda, bahkan untuk pasangan hidupnya kini telah menjamur bak cendawan di musim penghujan. Hal ini dikarenakan banyaknya remaja yang memesan jasa editing foto sebagai hadiah kepada seseorang teman dekatnya, keluarganya maupun pasangannnya. Ulang tahun ,wisuda dan kisah cinta merupakan salah satu momen penting dalam perjalanan hidup seseorang. Sehingga mereka ingin memberikan sesuatu yang spesial saat hari ulang tahun temannya, acara wisuda temannya, kakak , gebetan dan perjalanan kisah cinta mereka saat masih remaja  dengan memberikan foto sebagai hadiah untuk seseorang terdekatnya. 

 1. Kemampuan

Dalam hal ini, kita memiliki keahlian dibidang desain grafis, jadi kita memakai keahlian ini untuk membuka sebuah usaha jasa pengeditan foto berupa Watercolour Effect , Siluet Foto, dan Vector Vexel yang dicetak dalam segala kertas foto seperti doff paper, laster foto paper, dll sesuai keinginan pelanggan. Sebelum menjalankan bisnis jasa editing foto ini, kita harus mempelajari aplikasi jasa foto seperti Vallet.id.

Vallet, merupakan perusahaan rintisan (start up) karya anak bangsa yang menyediakan produk aplikasi desain grafis pertama di Indonesia dan dapat dioperasikan secara online, tentunya berbasis website. Selain itu, Vallet juga menawarkan privilege bagi user-user yang terdaftar, yaitu adanya privilege gratis alias gak berbayar selama menggunakan platform Vallet dengan berbagai pilihan template dan desain lainnya. Hmm.. Menarik kan?  Kamu bisa mencoba startup ini di link vallet.id secara online

2. Pemasaran

Untuk strategi pemasaran atau promosi , kita telah melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram , Facebook, Whatapps dan membuat website khusus untuk melakukan pemesanan dan transaksi online bisnis ini. Selain itu, kita juga memposting hasil editing dan testimoni pelanggan di Instagram dan menyebar jaringan jasa ini melalui teman dan pelanggan yang pernah order jasa kita agar semakin banyak pelanggan dan profit yang kita dapat melalui bisnis ini.

3. Membangun Tim Solid

Seorang desainer atau photoshoper tentu butuh team work atau kerja sama dengan tim agar pesanan pelanggan atau klien dapat terpenuhi dan selesai sesuai deadline karena banyaknya pesanan yang terbatas waktunya dan tidak bisa diselesaikan sendiri. Khususnya kita seorang mahasiswa yang tidak luput dari banyaknya tugas kuliah yang tidak kenal jera, tentunya membutuhkan kerja sama dengan tim desainer agar pesanan selesai tepat waktu.Tim kita terdiri dari 3 orang termasuk kita dan teman-teman kita sendiri. Kami melakukan sistem lempar project yaitu jika salah satu dari kami sedang dilanda tugas tak kunjung berakhir maka akan dilempar ke salah satu anggota tim yang longgar tidak ada tugas dan masih bisa diselesaikan pesanan sesuai deadline. Hal ini kami terapkan jika pesanan memenuhi target dan salah satu team sibuk dengan tugas kuliah.

4. Perlengkapan Editing Foto
Menekuni bisnis ini tentunya membutuhkan perlengkapan yang tak lepas dari PC atau laptop, printer, kertas dan bingkai foto. Dari sekian perlengkapan tersebut butuh modal tidak sedikit karena PC atau laptop membutuhkan spesifikasi yang agak tinggi agar proses editing dan export foto atau print foto lancar dan tidak ada kendala dalam performanya. Selain itu butuh printer yang cukup bagus dan stock tinta banyak karena menghabiskan banyak warna tinta dan kertas dengan kualitas bagus, baik itu warna , kondisi kertas, dll. Tidak lupa juga bingkai foto yang sesuai dengan ukuran pesanan pelanggan agar tidak salah ukuran saat menerima hasil orderannya.

Language »