Anda memiliki skill editing foto? Di Era digital Anda bisa menghasilkan uang dengan bisnis editing foto. Situs pencari tenaga terkemuka di dunia, Glassdoor, mengungkapkan editor foto sebagai salah satu skill yang paling banyak diminati atau dicari para rekruitmen.

Mau tahu cara untuk menghasilkan uang dari bisnis edit foto? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Buat tutorial atau kursus edit foto misal Photoshop

Saat Anda adalah seorang master dalam skill tertentu, opsi yang tepat untuk membagi ilmu skill yang Anda miliki ialah dengan membuat produk pelatihan dengan skill yang Anda miliki. Anda bisa mengemasnya menjadi produk pelatihan yang memiliki nilai jual dan akan dibayar orang yang ingin memiliki skill yang Anda miliki tersebut.

Begitu pula dengan edit foto. Anda dapat mengajar orang lain dengan merekam tutorial atau kursus tersebut kemudian mengunggahnya ke internet. SkillShare dan Udemy adalah tempat yang bagus untuk memulai memberikan kursus. Penghasilan Anda potensial 2 hingga 3 Jutaan per bulan

Jika Anda memiliki platform sendiri, misalnya website atau Youtube, pertimbangkan untuk menjual kursus Anda di platform Anda sendiri, langsung ke audiens Anda.

Situs web SkillShare menyatakan bahwa guru/ tutor pemula berpenghasilan rata-rata $ 200 dalam bulan pertama mereka. Sementara tutor berpengalaman yang sudah lama menggunakan platform Skillshare untuk menjual produk tutornya penghasilannya  dapat mencapai $3.000 dalam sebulan. Jumlah yang fantastis, bukan?

Buat font dan jual secara online

Cara hebat lain untuk menghasilkan pendapatan pasif dengan Photoshop adalah dengan membuat dan menjual font Anda sendiri. Platform yang Anda dapat gunakan dalam menjual font:

  • Myfonts.com (komisi 50%)
  • Pasar Kreatif (komisi 30%)
  • Fontshop (komisi 50%)
  • Sellfy ($ 29 / bulan + 2% biaya transaksi)

Jual Editan Foto dan LUT Photoshop Anda

Ketika Anda telah menguasai seni level pewarnaan dan Anda telah mempunyai skill edit foto serta LUT yang mumpuni, pada dasarnya Anda sudah memiliki skill yang sudah dapat Anda jual untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Skill editing yang Anda punyai dapat menambah nilai bagi kehidupan orang lain dengan mewarnai foto mereka dengan hasil editan warna Anda.

Jual editan foto Anda secara online, misal untuk membantu fotografer amatir mendapatkan efek yang sama dengan leveling warna yang dibuat oleh mata profesional Anda.

Contoh yang bagus dari seseorang yang menjual LUT dan skill editan fotonya adalah Sorelle Amore. Ia adalah  Youtuber yang memaksimalkan viewernya untuk mempopulerkan koleksi foto editan “Hipster AF” miliknya untuk dipakai para sellers & influencer di Instagram.

bisnis edit foto Photoshop permintaannya memang meningkat tajam di era digital. Tak heran Ibu YouTubers yang satu ini hanya bekerja dari rumah saja dapat menghasilkan lebih dari 1,4 Miliar per tahun dari bisnis edit fotonya.

Edit dan Jual Foto Stock

Meskipun saat ini situs stok fotografi, seperti Shutterstock dan 500px telah mengembangkan standar yang lebih tinggi dan tidak lagi mengambil secara serampangan, tapi masih layak untuk dicoba. Karena tingginya volume stok foto yang diunggah, disarankan untuk terus mengunggah secara teratur untuk memastikan bahwa persentase pasar Anda tidak berkurang seiring berjalannya waktu.

Penghasilan potensial yang bisa Anda dapat dengan cara ini mencapai 5 hingga 6 juta per bulan. Fotografer James Wheeler memperoleh sekitar. $ 500 per bulan melalui 350 foto stok.

Buat dan jual template digital untuk aksesoris.

Dengan skill editing foto yang Anda miliki, Anda bisa membuat template digital untuk aksesoris yang unik. Berikut adalah beberapa ide templat digital yang memungkinkan Anda untuk bisnis foto desain secara online guna menghasilkan pendapatan pasif:

  • Template CV/ resume
  • Template e-book
  • Template e-mail
  • Layout majalah
  • Template aksesoris hadiah pernikahan
  • Template pre-wedding
  • Template undangan digital 
  • Aksesoris ulang tahun Anak/ bayi 
  • Bridal dll.

Seperti halnya produk digital lainnya, penghasilan potensial Anda bergantung pada berapa banyak copy produk yang Anda jual dan berapa harga produk tersebut. 

 Untuk pemula seperti anda bisa menggunakan Aplikasi seperti Vallet.id. Apa itu Vallet.id ? Vallet,merupakan perusahaan rintisan (start up) karya anak bangsa yang menyediakan produk aplikasi desain grafis pertama di Indonesia dan dapat dioperasikan secara online, tentunya berbasis website. Bisa juga memaka jasa editor dari vallet biar ga perlu cape-cape edt photo yah. Atau kalian bisa edit foto secara custom disana.

Language »