Antara Pembeli Dengan Koki, Maksudnya? Yu simak!

Buku menu adalah salah satu elemen penting yang harus ada di setiap restoran. Melalui buku yang disediakan, pelanggan tidak hanya dapat melihat makanan apa saja yang dapat mereka pesan tetapi juga sebagai sarana bagi pemilik restoran untuk meningkatkan keuntungan.

Baik itu besar atau kecil, setiap restoran harus dikelola secara profesional diantaranya dengan menyediakan buku menu bagi setiap pelanggan yang datang. Ada beberapa hal yang membuat buku daftar menu sebagai salah satu hal penting yang dapat meningkatkan profit restoran. Dengan adanya buku tersebut, para pelanggan akan lebih mudah melihat daftar makanan yang disajikan. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi melihat banner berisi daftar makanan yang umumnya ditempelkan di dinding. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih terlayani dengan baik.

Hal lain yang menunjukkan pentingnya buku menu adalah benda tersebut dapat menjadi sarana komunikasi antara para pembeli dengan koki yang memasak makanan. Meskipun umumnya pelanggan tidak berkomunikasi secara langsung dengan koki, tapi mereka dapat mengetahui segala hal yang ingin mereka ketahui melalui daftar menu yang disediakan. Buku berisi daftar menu juga merupakan alat promosi efektif untuk meningkatkan keuntungan restoran. Karena dengan melihat daftar menu yang disajikan, pelanggan langsung dapat dibangkitkan selera makannya dan kemudian memesan makanan. Dengan demikian, keuntungan juga akan langsung bisa diperoleh oleh restoran dengan sendirinya

Sebuah buku berisi daftar menu harus memiliki desain yang bagus dan kreatif agar dapat membuat pelanggan tertarik dengan makanan yang disajikan. Buku menu yang menarik dan dapat membantu meningkatkan keuntungan bagi rumah makan memiliki beberapa ciri, Berikut ini adalah 5 ciri desain buku menu yang dapat mendatangkan profit.

1. Terdapat Foto Menu Makanan

Suatu desain buku daftar menu yang baik harus menyertakan foto makanan yang dijual oleh restoran. Foto – foto tersebut harulah dibuat semenarik mungkin dengan warna – warna dan aksesoris pendukung yang sesuai agar pelanggan semakin tertarik.

2. Adanya Batasan Jumlah Menu

Meskipun terdapat banyak menu yang disediakan oleh restoran, tetapi ada baiknya jenis makanan yang ditampilkan dalam buku daftar menu dibatasi. Hal ini dikarenakan, daftar menu yang terlalu panjang akan membuat pelanggan merasa cepat jenuh untuk membacanya. Selain itu, menu yang terlalu banyak akan membuat pelanggan merasa kebingungan untuk memilih. Dengan demikian, target pemasaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Sebaliknya, dengan membatasi menu yang ditampilkan, restoran akan dapat lebih fokus terhadap penyajian dan kualitas rasa. Ada baiknya membatasi menu makanan sampai 60 jenis saja.

3. Desain Daftar Menu Makanan yang Menarik

Sangat penting untuk menyertakan desain daftar menu makanan yang menarik. Pastikan daftar menu yang ada dibuat dengan memperhatikan padu padan warna yang sesuai dengan desain restoran secara keseluruhan. Kamu dapat menggunakan jasa pembuatan desain buku menu profesional untuk membantu membuat desain daftar menu yang menarik. Seperti yang sudah kita kenal salah satu karya anak bangsa yaitu Vallet.id. Kamu dapat melakukan semua desain sendiri atau menggunakan jasa dari valet sendiri.

4. Mencantumkan Harga

Sebuah buku daftar menu tidak akan lengkap tanpa mencantumkan harga makanan dan minuman yang disajikan. Usahakan harga yang dicantumkan sesuai dengan kepuasan yang akan didapat oleh para pelanggan dari menu yang meraka santap.

5. Mencantumkan Pajak

Ada banyak kasus dimana pelanggan dibuat kaget dengan mahalnya harga makanan yang harus mereka bayar akibat dari pajak yang tidak tercantum dalam buku menu. Usahakan untuk mencantumkan setiap pajak baik itu pajak makanan atau layanan di buku daftar menu agar pelanggan tidak merasa tertipu.

Language »