Gelang tiket, atau biasa juga disebut tiket gelang wristband merupakan alternatif dalam membuat tiket untuk konser musik, pertunjukan teater, dan berbagai macam acara lainnya. Inovasi seperti ini biasa digunakan supaya tiket menjadi lebih mudah dibawa oleh setiap pengunjung dan panitia pun bisa melakukan kontrol dengan lebih mudah juga karena pada umumnya setiap pengunjung pasti akan menggunakan gelang tiket tersebut.

Karena jenis tiket seperti ini lebih sering digunakan untuk menarik perhatian anak muda, maka desain yang dibuat pun biasanya unik. Meskipun pembuatanya dilakukan oleh penyedia jasa percetakan digital, tetapi kalau urusan desain sepenuhnya diserahkan kepada pelanggan. Artinya, kamu bisa berkreasi sesuai dengan seleramu sendiri.

Hal menarik lainnya dari gelang tiket ini adalah bahan dasar yang tak kalah uniknya juga. Kamu tahu tali lanyard? Jenis tali seperti itu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat gelang tiket loh! Karena kualitasnya yang bagus, tentu saja lanyard tidak hanya sekedar menjadi tiket saja. Tetapi benar – benar bisa menjadi gelang sebagai aksesori lengan yang tentunya dapat digunakan untuk bergaya sehari – hari.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, untuk membuat gelang tiket sebenarnya kamu harus pergi ke tempat percetakan digital karena diperlukan alat khusus seperti mesin pencetak lanyard. Namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu:

  1. Kualitas Bahan

Selain tali lanyard, ada juga bahan lainnya yang biasa digunakan untuk membuat gelang tiket. Yaitu kertas. Namun, bahan kertas ini tentunya tidak memiliki kualitas sebagus lanyard karena mudah sekali sobek. Penyelenggara acara yang menggunakan bahan kertas pada umumnya memang ditujukan untuk acara yang memiliki budget minim dengan harga tiket masuk yang tidak mahal juga. Oleh karena itu, mereka perlu memaksimalkan biaya pengeluaran untuk menyelenggarakan acara. Selain harganya yang lebih murah dari lanyard, bahan kertas ini juga lebih sering digunakan untuk acara dengan target remaja seperti festival musik dan pameran. Jika kamu berencana menyelenggarakan acara dengan budget besar dan targetnya orang – orang kelas atas, sebaiknya kamu memilih lanyard sebagai bahan gelang tiket.

2.Ukuran Gelang Tiket

Selain kualitas bahan yang perlu diperhatikan, hal lainnya yang tak kalah penting adalah ukuran dari gelang tiket yang akan dibuat. Pada umumnya, gelang tiket memiliki ukuran sekitar 23 cm, 25 cm, dan 30 cm. Kalau kamu ingin membuat ukuran sendiri selain ukuran tersebut, pastikan gelang yang akan dibuat bisa masuk ke pergelangan tangan. Untuk cara yang lebih praktis, kamu bisa saja langsung menanyakan ke penjual tali lanyard Jakarta mengenai ukuran standar yang biasa dipesan untuk keperluan gelang tiket.

3.Desain Gelang

Desain sangat mempengaruhi bagaimana hasil akhir dan tampilan gelang tiket yang akan dibuat. Buatlah desain semenarik mungkin untuk menarik perhatian banyak pengunjung supaya mau membeli tiket yang akan kamu jual. Pastikan desain yang kamu buat sesuai dengan tema acara dan setidaknya dapat menggambarkan tema tersebut. Carilah refrensi sebanyak mungkin di internet untuk mendapatkan inspirasi tentang desain gelang tiket yang menarik. Setelah itu, gunakan software desain seperti photoshop dan coreldraw untuk membuat desainnya. Pada umumnya, jasa percetakan digital menggunakan file dengan resolusi minimal 300 dpi untuk mencetak gelang tiket. Oleh karena itu, pastikan file desain yang akan kamu buat menjadi gelang tiket juga memiliki resolusi yang tidak lebih kecil dari 300 dpi.

Language »