Ga Percaya? Yu Simak!

Desain grafis mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita, tapi apakah kalian tahu apa itu “desain grafis”? ada banyak pengertian tentang apa itu desain grafis, tapi secara simplenya desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi melalui tulisan, bentuk, atau gambar.

Kalau desainer grafis? oh, orang yang suka bikin-bikin ilustrasi, spanduk, atau brosur ya? Yup pengertian simpel nya seperti itu dan yang sudah pasti ada di benak orang banyak pun pasti seperti itu. Saat ini, siapapun dapat menjadi desainer grafis asalkan punya keinginan dan niat tentunya, software untuk membuat desain grafis pun sudah banyak macamnya, dari yang gratis hingga berbayar. Untuk kualitas desain nya?, itu semua tergantung dari si pembuat desainnya, bukan software nya.

Nah, pada kali ini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman dan tutorial yang pernah saya baca untuk menjadi desainer grafis secara otodidak.

  1. Punya keinginan dan tanamkan niat

Yang Pertama dan paling utama kalian harus punya keinginan untuk mau belajar, lalu tanamkan niat dalam hati bahwa kalian ingin belajar desain. Sesuatu yang didasari dari niat yang ditanamkan dalam hati pasti akan dijalani dengan sungguh-sungguh dan setulus hati, begitupun dengan belajar desain grafis. Ingat sob, tidak ada jago yang instan, jangan berpikiran bahwa kamu langsung bisa membuat desain yang keren, semuanya dimulai dari tidak bisa dulu. Tidak apa-apa jika nanti hasil desain mu belum sebagus yang kamu inginkan, namanya juga belajar ya kan, dengan sering berlatih membuat desain, kamu akan semakin terbiasa dan tentunya kualitas desain mu akan menjadi lebih bagus dari waktu pertama kali belajar.

2. Belajar software desain grafis

Software desain grafis saat ini sudah banyak macamnya, dapat kita pilih tergantung kebutuhan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kamu dapat membeli software yang berbayar seperti CorelDRAW, Adobe Illustrator atau Photoshop, tapi jika kamu memang belum mempunyai cukup uang dan hanya ingin belajar, alangkah baiknya jika menggunakan software yang gratis saja seperti Inkscape, karena tidak baik juga jika kita menggunakan software bajakan.

Saat kamu sudah memiliki salah satu software desain grafis, pelajari dan pahamilah tool-tool yang ada, coba praktekan dan pahamilah kegunaan dari masing-masing tool. Kamu juga bisa meminta bantuan dari orang atau teman kamu yang mengerti desain atau mencari video tutorial di YouTube jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami. Perlu diingat ya sob, bahwa tidak ada sesuatu yang sulit dan jangan dipersulit, software ini diciptakan untuk mempermudah manusia dalam meracang desain grafis.

3. Membuat imajinasi se-kreatif mungkin

Pasti kamu sudah memiliki bayangan desain apa yang ingin kamu buat nantinya. Mungkin kamu pernah melihat baliho atau brosur, dan kamu menjadi terinspirasi untuk ingin membuat nya sendiri. Atau mungkin kamu juga masih bingung ingin membuat apa, jangan khawatir! carilah inspirasi seluas mungkin, kamu bisa mendapatkan inspirasi ini dari internet atau melihat karya-karya dari para desainer grafis yang sudah professional lewat profil Instagram atau web portofolionya. Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dengan mengamati apa yang ada di sekitarmu, jika kamu sudah tertarik dengan desain grafis, kamu pasti jadi lebih peka dengan segala macam brosur, logo, atau spanduk yang kamu temui.

4. Mengembangkan keahlian

Sebagai seorang desainer grafis yang masih pemula, kamu bisa membuat project sendiri seperti merancang logo untuk personal branding mu, atau melakukan re-design sebuah cover buku atau poster suatu event. Setelah itu, kamu bisa menawarkan jasa desain kepada teman-temanmu, barangkali dari temanmu ada yang ingin dibuatkan undangan pernikahan untuk kakaknya, atau kamu juga bisa ikut dalam tim kreatif kepanitiaan suatu event di sekolah atau kampus kamu. Dari situ kamu bisa mendapatkan pengalaman dan ide-ide baru untuk mengembangkan keahlian desainmu. Oh iya sob, yang namanya membuat desain tidak terlepas dari yang namanya kritik dan revisi, mungkin akan sedikit menyakitkan, tapi jadikan hal tersebut sebagai pelajaran bagi kamu agar bisa membuat desain yang lebih bagus lagi kedepannya, jangan pernah menyerah sob, kamu pasti bisa!

Selamat belajar dan semangat!

5. Cepat, keren, murah, Easy, ya Vallet in Aja!

Buat kamu yang bingung dan belum expert dibidang desain nih dan membutuhkan desain cepat buat media sosial, bisnis, organisasi dan lain sebagainya gunakan aja Vallet dengan cara masuk atau klik vallet.id dan kamu bisa mendesain sesuka kamu cepat, murah, dan gampang yuk coba dulu deh.

Language »