Penggunaan desain grafis di era sekarang ini sangatlah luas dan memberikan warna istimewa untuk masyarakat secara umum. Mulai dari desain media sosial, souvenir sampai undangan pernikahan. Tidak hanya itu, desain grafis juga sudah lama mewarnai dunia blogging dan membuat tulisan lebih berbicara. Desain grafis memudahkan para pembaca dalam memahami tulisan yang ada. Lebih dari itu, desain grafis merupakan sentuhan tambahan sebuah artikel blog jadi lebih menarik. Saya pribadi senang sekali melihat blog dengan dilengkapi desain grafis yang sederhana namun enak dibaca.

Membuat desain grafis tidaklah harus yang rumit atau tingkat tinggi. Desain grafis yang sederhana dengan sentuhan terbaik dapat menghasilkan karya istimewa. Desain grafis yang sederhana justru terlihat lebih berkesan dari pada desain yang terlalu ramai dan rumit. Kombinasi huruf, keselarasan warna serta permainan garis simetris yang apik membuat desain grafis menjadi istimewa.

Susah nggak sih buat desain grafis? Pertanyaan yang sangat sering dilontarkan oleh teman-teman saya. Membuat desain grafis tidak sesulit yang teman-teman pikirkan. Asalkan niat dan telaten pasti jadi. Belajar desain grafis dimulai dari niat kuat untuk mau belajar. Apalagi didukung dengan kemajuan teknologi yang memudahkan kita bisa belajar dari banyak sumber. Bisa dengan melihat tutorial di Youtube ataupun sederhananya bertanya pada mbah Google.

Kalau ada niat, pasti ada jalan untuk mewujudkannya. Sebagai seorang blogger pemula, saya juga masih terus belajar mendalami ilmu desain grafis. Belajar dan terus belajar mengasah ilmu agar lebih pro lagi dalam desain. Apalagi desain grafis ini menjadikan tulisan di blog lebih hidup dan berwarna. Saya ada beberapa tips sederhana untuk belajar desain grafis agar lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, mari merapat 😁

1. Brainstorming Konsep Desain

Sebelum membuat desain, pastikan sudah melakukan brainstorming konsep desain yang akan dibuat. Konsep desain ini sesuai dengan isi tulisan yang akan dibuat desain grafis. Sebelum menulis tulisan di blog, saya membuat daftar desain dan konsepnya terlebih dahulu. Sebagai contoh seperti berikut:

2. Membuat Detail dari Konten Desain

Setelah mempunyai konsep desain yang jelas maka selanjutnya membuat detail konten desain dari tulisan yang dibuat. Detail konten desain ini harus sesederhana mungkin dan jangan terlalu panjang agar pembaca dengan mudah memahami tulisan begitu melihat gambarnya.

3. Mulai Membuat Desain Grafis, Make it simple!

Setelah mendapatkan konsep desain dan detail konten desain, maka saatnya memulai desain yang dibutuhkan untuk mendukung tulisan. Saat mengerjakan desain grafis, perhatikan beberapa hal berikut ini:

4. Menggunakan software desain yang user friendly

Setiap orang memiliki tingkat kecepatan pemahaman yang berbeda-beda dalam hal desain grafis, saya termasuk dalam kategori kecepatan sedang. Agar proses desain yang dilakukan tidak terlalu rumit, saya memilih software desain yang user friendly. Dalam hal ini, saya menggunakan Corel Draw karena menurut saya sangat mudah dipelajari apalagi untuk para newbie.

5. Membuat objek sederhana, modifikasi foto yang ada atau gunakan perpaduan garis simetris

Desain grafis tidak melulu menggunakan objek yang rumit dan tentu butuh waktu lama membuatnya. Untuk para pemula,bisa membuat objek sesederhana mungkin. Selain objek sederhana, bisa menggunakan foto yang ada atau menggunakan perpaduan garis simetris. Desain grafis sederhana ini bisa membuat para pembaca lebih memahami apa yang penulis sampaikan dalam tulisan.


Desain Grafis dengan objek sederhana vs Desain Grafis perpaduan garis simetris dan ukuran font

,kreasikan desain dengan jenis font, keselarasan warna dan tata letak yang bagus. Pemilihan jenis font juga sangat mempengaruhi dalam pembuatan desain grafis. Jenis font yang bagus dengan keselarasan warna dan tata letak yang bagus sangat mendukung desain grafis yang dibuat jadi lebih menarik dan istimewa. Tidak hanya itu, proses pembuatan desain grafis juga jadi lebih sederhana dan hemat waktu.

6. Publish and keep the creativity up!

Setelah desain grafis yang dibuat selesai, pasang sesuai dengan isi tulisan yang menggambarkan desain grafis yang telah dibuat. Berikut ini desain grafis sesuai dengan konsep dan konten desain yang telah dibuat sebelumnya:

7. Cepat, keren, murah, Easy Vallet in Aja!


Buat kamu yang bingung dan belum expert dibidang desain nih dan membutuhkan desain cepat buat media sosial, bisnis, organisasi dan lain sebagainya gunakan aja Vallet dengan cara masuk atau klik https://app.vallet.id/ dan kamu bisa mendesain sesuka kamu cepat, murah, dan gampang yu coba dulu deh.

Sumber: www.luckycaesar.com

Language »