Mana yang Sudah Kamu Coba?Atau jangan-jangan belum ada sama sekali, nah yu simak, sambil belajar!

Media sosial, terutama yang populer seperti instagram dan facebook punya pengaruh yang besar dalam mengambil keputusan bagi masyarakat modern saat ini. Pengaruh besar sosial media ini kemudian digunakan oleh perusahaan besar sebagai suatu platform untuk digital marketing demi meningkatkan brand awareness.

Apa yang dimaksud Brand Awareness?

Brand awareness adalah daya tangkap konsumen dalam mengingat atau mengenali sebuah merek, termasuk di dalamnya nama, gambar, logo dan juga slogan tertentu yang digunakan sebagai promosi. Nah kemampuan konsumen untuk mengingat brand punya peran besar dalam mengambil keputusan untuk membeli barang.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Brand awareness sangat penting bagi bisnis apapun karena tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli dari bisnis anda untuk pertama kalinya, membuat konsumen untuk terus membeli dari bisnis Anda. Orang-orang akan lebih mungkin membeli barang atau memakai jasa dari nama yang mereka percaya dan mudah dikenali, misalnya dari logo dan tagline bisnis anda, brand Anda adalah hal pertama yang akan muncul di pikiran konsumen ketika mereka akan membeli sesuatu. Selain itu, jika mereka puas dengan brand Anda, kemungkinan besar mereka akan memberi tahu orang lain mengenai brand Anda yang tentu saja akan sangat membantu brand Anda.

Brand awareness biasa digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah brand. Setiap tahunnya, perusahaan berinvestasi untuk terus memperbaiki dan menaikkan tingkat brand awareness mereka. Selalu dimonitor dan jika terjadi penurunan, perusahaan akan menggunakan segala strategi periklanan dan pemasaran hingga level mereka kembali. Ini juga merupakan kunci penting dalam marketing planning (perencanaan pemasaran) dan strategy development (pengembangan strategi).

Brand awareness juga menambah nilai bagi sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Jika Anda berinvestasi untuk membangun brand awareness, hal ini bisa membantu bisnis Anda untuk bertahan dan menjadi semakin maju.

Brand awareness memberikan dampak jangka panjang yang bagus untuk bisnis. Namun menumbuhkan dan meningkatkan awareness juga bukan perkara mudah. Kamu bisa coba beberapa cara yang sudah dirangkum di bawah ini untuk meningkatkan brand awareness di instagram.

  1. Buat Slogan Yang Mudah Menancap di Kepala

Buatlah slogan sederhana tapi bermakna dan mudah diingat di kepala. Tapi ingat jangan sembarang slogan, tetapi ciptakan yang sesuai dengan semangat bisnis kamu. Bikin semenarik dan seunik mungkin agar bisa melekat di pikiran seseorang.

  1. Kolaborasi Dengan Influencer

Numpang tenar mungkin istilah sederhana yang pas untuk menggambarkan strategi ini. Karena memang harapannya, brand kita jadi semakin dikenal orang jika dibawakan oleh orang yang sudah mempunyai banyak fans.

Namun pastikan berkolaborasi dengan orang yang tepat, imej dan basis fans yang sesuai dengan target audiens bisnis yang kita bangun.

  1. Buat Konten Viral

Distribusi yang luas menjadi salah satu keuntungan membangun brand awareness melalui media sosial. Materinya pun bisa beragam, bisa melalui artikel, foto atau video. Bikin konten semenarik mungkin agar orang tertarik untuk share yang memperbesar peluang konten kita menjadi viral dalam artian menjangkau lebih banyak orang.

  1. Manfaatkan Iklan Untuk Perluas Distribusi

Beberapa platform media sosial menyediakan jasa iklan untuk kebutuhan promosi, begitu juga dengan instagram. Kamu bisa setting tipe iklan sesuai kebutuhan. Bisa jadi konversi trafik ke website, engagement atau reach.

Target audiens pun bisa diatur berdasarkan jenis kelamin, usia maupun lokasi. Cara ini efektif agar konten kamu bisa tersebar lebih luas lagi, meskipun harus mengeluarkan uang.

  1. Aktivasi Online

Aktivasi online saat ini masih ampuh untuk menarik perhatian di instagram. Buat lomba dengan hadiah menggiurkan dan syarat cukup mudah agar mendapat banyak peserta. Jangan lupakan syarat tambahan yang mengharuskan peserta share informasi ini atau tagging teman lain untuk ikutan.

Bagai sekali tepuk dua lalat, cara ini efektif menjaring customer baru, membuat customer lama jadi tambah loyal dan juga meningkatkan brand awareness.

Nah itu tadi beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk lebih meningkatkan brand awareness menggunakan instagram yang bisa kamu terapkan. Kenali juga target pasar serta audiens yang disasar, karena strategi untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek ini juga banyak dipengaruhi demografis audiens yang berbeda-beda.

Sumber: idseducation.com

   www.dewaweb.com

Language »