Di Tahun 2020, “Skill” Apa Saja yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Profesional

Tinggal menghitung hari lagi kita berada di tahun 2020, dengan seiring berkembangnya teknologi, seorang pekerja profesional harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Skill  dan pengetahuan yang dibutuhkan juga harus semakin meningkat. Nah, jika kamu salah satu yang tidak mau belajar dan mengikuti perubahan, kamu akan semakin tertinggal dan sulit untuk berkembang, atau kamu malah sebaliknya, jika iya tentu bagus sekali, dan cocok unutk membaca serta mencari tau lebih dalam tentang hal yang akan kita bahas kali ini. Tak melulu mengenai digital, ada banyak skill yang dibutuhkan di tahun 2020. Perlu di garis bawahi juga bahwa hal yang akan di bahas ini bukan berarti skill yang lainnya tidak di butuhkan atau ditinggalkan, hanya saja hal akan di bahas merupakan tanda atau masukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut guna mengikuti zaman serta perkembangannya, so jangan putus dan pantang lelah dalam belajar dan meningkatkan segala skill kamu ya guys. Berikut beberapa diantaranya:

Cognitive Flexibility

Apa itu Cognitive Flexibility ? yakni salah satu skill yang melibatkan kreativitas, penalaran logika, dan sensitivitas terhadap suatu masalah. Tahu kah kamu? hal ini juga membantu kamu menyesuaikan bagaimana cara berkomunikasi dengan lawan bicara. Pun ketika atasanmu tak ingin kamu mengatakan hal yang sama pada setiap orang. Ia ingin kamu berpikir kritis kepada siapa kamu berbicara, mendengarkan obrolan secara mendalam, dan menyesuaikan konteks pembicaraan dengan tepat.

Kemampuan Bernegosiasi

Kemampuan yang satu ini sangat special di era digital saat ini. Mengapa?Karena dengan kemajuan teknologi, soft skill seperti mampu bernegosiasi akan menjadi hal yang dibutuhkan nantinya. Kemampuan bernegosiasi dengan kolega, manajer, klien, dan tim akan menjadi skill yang dibutuhkan di tahun 2020.

Berpikir Kritis

Secara definisi, berpikir kritis adalah sebuah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang ingin diyakini sebagai kebenaran. Dengan demikian, skill ini akan membantumu lebih tegas dalam membuat keputusan baik saat bekerja dalam tim maupun individual.

Service Orientation

Dengan kemampuan ini, kamu diharapkan dapat membantu orang lain, mulai dari atasan hingga rekan kerja lainnya, tepatnya lebih aware terhadap situasi dan kondisi terhadap sesama, Kemampuan ini sangat dibutuhkan jika bekerja dalam sebuah tim.

Kecerdasan Emosional

Mungkin robot dapat melakukan banyak hal, tetapi kecerdasan emosional hanya dimiliki oleh manusia. Kecerdasan emosional secara harfiah adalah menginfokan setiap interaksi yang kita miliki. Ini merupakan skill yang sangat penting bagi para manajer dan atasan lainnya.

People Management

People management adalah bagaimana kamu dapat mengatur orang-orang untuk bekerja sebaik mungkin dan mencapai target yang diinginkan perusahan. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh manajer dan belum bisa dilakukan oleh robot, seorang manajer sebaiknya mengenal lebih dalam setiap bawahannya untuk dapat mengaturnya dengan baik.

Berkoordinasi dengan orang lain

Skill sederhana ini harus dimiliki setiap pekerja. Saat bekerja dalam tim, bagaimana cara kamu berkoordinasi dengan orang lain adalah kunci penting keberhasilan untuk mencapai target yang diinginkan perusahaan.

Kreativitas

Kini, semakin banyak robot yang menggantikan peran manusia dalam bekerja. Beruntungnya, kreativitas adalah skill yang belum dimiliki oleh robot. Saat ini banyak sekali perusahaan menginginkan orang-orang kreatif yang dapat menerapkan teknologi dalam pekerjaannya.

Kemampuan Membuat Keputusan

Untuk salah satu skill ini, baik sebagai karyawan atau sebagai atasan, membuat keputusan yang baik, sesuai, dan bijak adalah hal yang wajib dan penting dalam pekerjaan. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat mengambil keputusan adalah dengan menggabungkan analisis masalah, logika, dan intuisi yang tepat.

Menyelesaikan Masalah ‘First Time’

Kemampuan ini merupakan skill untuk menyelesaikan masalah yang belum pernah kita lihat atau alami sebelumnya. Selain itu, kamu juga dituntut mampu menyelesaikannya dengan kecepatan tinggi. Sekalipun kamu sudah merasa ahli dalam satu bidang, bukan berarti kamu berhenti untuk bekerja. Cobalah untuk terus belajar dan mengasah hal baru yang mungkin dapat menjadi bekal kamu untuk di kemudian hari. Misalnya salah satu dari 10 skill yang dibutuhkan di tahun 2020 di atas.

Language »