Budaya Memberi Pengaruh Terhadap Desain Grafis atauDesain Grafis Memberi Pengaruh terhadap Budaya? Maksudnya? Yuk Simak!

Jadi gini kawan, budaya sebenarnya merupakan peradaban yang terus berkembang dan pembentuk kebiasaan atau pola pikir masyarakat dan memberikan pengaruh yang luas pada kehidupan masyarakat. Kehidupan masyarakat tersebut bagian kecilnya adalah perkembangan Desain sebagai wujud komunikasi masyarakat atau bermasyarakat.

Dalam membuat Desain Grafis, tentunya ada unsur-unsur yang berpengaruh dan sangat membantu desainer dalam membuat sebuah karya desain grafis. Diantara ada dua unsur yang sangat berpengaruh, yaitu kebudayaan dan teknologi. Faktor budaya memberikan pengaruh luas dalam perilaku konsumen sehingga memberikan pengaruh pada produsen untuk mengkonsep produk atau jas. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya yang memberika indentifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sampai saat ini, kebudayaan dan teknologi memberikan pengaruh kuat pada desain grafis, contohnya Desain pada iklan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, segmen, atau kelas sosial konsumen. Budaya adalah penyebab salah satu hal yang melekat pada keinginan dan perilaku seseorang. Dimana budaya merupakan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.

Orang-orang dahulu lebih paham pada gambar-gambar, symbol-simbol karena pada waktu itu belum terdapat tulisan. Tulisan sendiri pun muncul berawal dari symbol-simbol yang baru berubah menjadi huruf atau tulisan. Termasuk hurup alphabet yang ada sekarang pada awalnya tulisan tersebut berasal dari symbol-simbol jaman dahulu. Budaya akan digunakan sebagai sumber pemikiran untuk menggambarkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah. Kerajinan kain daerah merupakan warisan nenek moyang kita yang sangat indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam membuat desain grafis, contohnya adalah batik dan songket.

Bukti lain dari pengaruh Budaya terhadap Desain grafis Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah Wayang Kulit. Wayang kulit sebenarnya sudah lama ada di Indonesia terrutama di Jawa. Contoh lain adalah Lambang agama Shinto yaitu Yin dan  Yang menggunakan grafis warna hitam dan putih dalam mengaplikasn simbolnya, yang bermakna kebaikan dan keburukan merupakan suatu keseimbangan.

Nah dari beberapa hal inilah bahwa Budaya sebetulnya mempengaruhi terhadap kelangsukan dalam dunia Seni khususnya teruntuk Desain Grafis. Pssst kamu juga bisa liat nih suatu platform asli karya anak bangsa bidang desain grafis, sesuai banget yang sudah di jelaskan di atas, ada rumah adat, motif  kain khas setiap daerah, wayang, lokasi wisata, senjata khas, dan lain sebagainnya yang dipadukan dengan desain grafis, mau tau lebih lanjut? Yuk cek https://vallet.id/ atau https://app.vallet.id/  Oiya kamu juga bisa ngedesain disana loh, coba aja, atau ngak jadi kontributor yang membuat desain atau photo hasil karya kamu, terus bisa menghasilkan passive income loh,,, yuk tunggu apa lagi check segera.

Language »