Generasi yang di sebut millennial tentu sudah tidak asing lagi di era 4.0 ini kan, pengertian generasi millennial atau disebut juga generasi Y adalah generasi setelah generasi X, yang lahir di antara tahun 1980an hingga 2000an. Saat ini usia mereka berada di pertengahan 20 tahun dan pertengahan 30 tahun. Kini mereka menempati posisi terbesar kedua dari jumlah terbanyak yang berada di dalam dunia kerja di Indonesia, yakni berjumlah 40% (Berdasarkan data BPS di tahun 2018). Dengan ciri-ciri generasi millennial dan karakteristiknya, contoh clebih terbuka, menyukai tempat kerja nyaman, asik, berpikir konkrit dan lain sebagainya, akan lebih mudah untuk membuat mereka menemukan cara kerja yang lebih efektif dan efisien. Lalu gimana sih tips kerja lebih efektif alias kerja cerdas yang bisa meningkatkan kreativitas millennial? Berikut adalah tips simpel 5 cara kerja yang bisa kamu perhatikan:

Pastikan ada target, arahan atau teladan

Jelas dalam suatu tindakan harus mempunyai target atau tujuan yang jelas, hasil dengan rencana akan berbeda halnya dengan hasil tanpa tujuan atau rencana, buat skema strategi sejelas mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan beserta timeline pengerjaanya. Mintalah bantuan pada senior yang kompeten dan dapat kamu minta arahannya, jika atasanmu tidak selalu dapat memberi teladan atau arahan detail pengerjaannya.

Kolaborasi

Temukan teman untuk mengasah kreativitasmu atau membangun group diskusi untuk menemukan penyelesaian kerja atau masalah dengan yang lebih baik. Diskusi hal lain di luar pekerjaan, seperti pembahasan hobi saat waktu luang juga bisa bikin klop untuk kerja bareng tim di kantor, lho!

Pengembangan Diri

Gunakan waktu luang untuk belajar atau terlibat dalam proyek lain bersama orang-orang yang jabatannya di atasmu. Jika perusahaanmu terbuka bagi karyawannya mengambil pelatihan atau kesempatan kerja di luar kota atau di luar negri di tempat anak atau cabang perushaan, ajukan dirimu untuk ambil kesempatan ini. Bisa juga mengeksplorasi diri dengan melakukan hal-hal yang baru atau menantang bagi kamu, misalnya belajar sesuatu yang belum kamu ketahui sebelumnya, seperti bidang desain, photograpy, memasak, merajut, menulis, dan lain sebagainya.

Buatlah Suasana Lingkungan Kerja Yang Menyenangkan

Kamu sebetulnya bisa saja memberikan saran dan masukan yang nyata atau konkrit untuk perusahaan agar dapat menumbuhkan suasana lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan. Mengadakan gathering rutin untuk membangun rasa keluarga, atau mengajukkan pengadaan ruangan khusus penghilang penat di kantor, itu sah-sah saja buat kamu yang punya ide menarik dan bisa terukur, itu bisa menjadi bonus agar suasana di tempat kerja kamu lebih menyenangkan, terlebih manfaatnya bukan kamu saja yang bisa menikmatinya. Berani coba?

Motivasi

Motivasi tidak sekadar kata-kata, tapi memberikan ruang untuk menuangkan ide dan masukan dalam pekerjaan termasuk salah satunya, dimana hal ini diperuntukan bagi perusahan. Hal ini membuat para millennial yang pekerja keras dan optimis akan bekerja lebih baik lagi. Untuk Kamu, olah setiap saran atau pendapat yang ditujukan pada kamu sebagai masukan untuk membuatmu lebih baik kedepannya. Mintalah sesi appresial berkala untuk kamu dapat melihat potensi mana yang dapat diasah lebih tajam.

Language »